Breaking News:

Hasil Sudah Terlihat, Program UnderWater Restocking di Jawa Timur Akan Terus Ditambah

UnderWater Restocking (UWR) sendiri merupakan upaya pemulihan ekosistem di laut dengan cara menenggelamkan modul rumah ikan sedalam 10-15 meter.

Tribunjatim.com/SofyanArif
Kantor Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jatim di Jalan Ahmad Yani, Surabaya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Program UnderWater Restocking (UWR) dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur akan terus dilakukan untuk memulihkan stok sumberdaya ikan di Jawa Timur.

Bahkan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono mengatakan, jumlah modul rumah ikan juga akan terus ditambah.

"Akan terus ditambah karena hasilnya juga sudah terlihat. Tangkapan nelayan terus bertambah," ujar Heru kepada TribunJatim.com, Rabu (5/4/2017).

UnderWater Restocking (UWR) sendiri merupakan upaya pemulihan ekosistem di laut dengan cara menenggelamkan modul rumah ikan sedalam 10-15 meter.

Baca: Cuaca Tak Mendukung, Heru Tjahjono Perkirakan Tangkapan Ikan di Jatim Baru Akan Pulih pada Bulan Mei

Sekitar tiga bulan setelahnya, penyelam dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur akan membawa benih ikan untuk dibawa ke dalam modul rumah ikan tersebut.

Beberapa kabupaten dan kota yang telah melakukan UnderWater Restocking adalah Banyuwangi, Tuban, Probolinggo, dan lain-lain.

Satu kabupaten akan diberi 85 modul rumah ikan dan 10 ribu sampai 15 ribu benih.

Dari data yang didapat TribunJatim.com, hasil UnderWater Restocking (UWR) sudah terasa di beberapa tempat, termasuk Banyuwangi.

Nelayan yang biasanya dapat tiga sampai lima ekor ikan perhari, setelah dilakukan UnderWater Restocking (UWR) bisa mencapai 100 kg perhari.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved