Cegah Kasus Skimming, Polisi Cek sejumlah ATM di Blitar

Petugas Polres Blitar Kota melakukan patroli ke sejumlah mesin ATM, Kamis (22/3/2018). Polisi mengecek mesin ATM

Cegah Kasus Skimming, Polisi Cek sejumlah ATM di Blitar
Surya/ Samsul hadi
Petugas Polres Blitar Kota sedang mengecek mesin ATM di Jl Ir Soekarno atau di kawasan Makam Bung Karno, Kota Blitar, Kamis (22/3/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Petugas Polres Blitar Kota melakukan patroli ke sejumlah mesin ATM, Kamis (22/3/2018). Polisi mengecek mesin ATM untuk mengantisipasi terjadinya kasus skimming atau pembobolan uang nasabah bank yang marak belakangan ini.

Polisi mengecek mesin ATM dengan didampingi petugas bank. Patroli dimulai dengan mendatangi mesin ATM BRI di Jl Ir Soekarno, Kota Blitar atau di kawasan Makam Bung Karno (MBK). Sesampai di lokasi, polisi langsung menuju ke mesin ATM.

Polisi bersama pegawai bank terlihat mengecek mesin ATM di lokasi. Polisi memeriksa lubang tempat masukkan kartu ATM, tempat tombol nomor PIN, dan lubang tempat keluar uang. Polisi meraba bagian atas tempat tombol nomor PIN.

"Biasanya pelaku memasang kamera tersembunyi di atas tempat tombol nomor PIN," kata petugas yang memeriksa mesin ATM.

Baca: M Anton Selesai Diperiksa KPK

Setelah dicek, kondisi mesin ATM BRI di Jl Ir Soekarno aman. Polisi tidak menemukan benda mencurigakan di mesin ATM. Polisi bergegas meninggalkan lokasi. Polisi bergeser ke mesin ATM yang berada di Desa Dayu, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, yang masih wilayah hukum Polres Blitar Kota.

"Kegiatan ini sebagai tindak lanjut hasil penandatangan kesepakatan bersama antara Polres dan perwakilan bank di Blitar untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan skimming," kata Kasubag Humas Polres Blitar Kota, Ipda Syamsul A, di sela-sela patroli.

Sebelumnya, untuk mengantisipasi kasus itu, Polres Blitar Kota mengumpulkan sejumlah perwakilan bank di wilayah Kota Blitar, Rabu (21/3/2018).

Dalam pertemuan itu, Polres Blitar Kota melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan perwakilan perbankan terkait pengamanan uang nasabah.

Baca: 14 TKI Asal Jatim di Saudi Tunggu Eksekusi Mati

Pertemuan itu diikuti sejumlah perwakilan perbankan di Kota Blitar. Mulai Bank Jatim, Bank Mandiri, BRI, BCA, BNI, dan Bank Maybank Indonesia serta sejumlah pejabat di Polres Blitar Kota.

"Kami akan memperketat pengamanan di bank untuk mengantisipasi terjadinya kasus itu," kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar. (Sha)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved