Urus Surat Izin Tempati Rumah Dinas TNI AL kini Makin Mudah dan Simpel

Mengurus Surat Izin Penghunian (SIP) rumah dinas di lingkungan TNI AL kini tak perlu ke Mako Lantamal V.

Urus Surat Izin Tempati Rumah Dinas TNI AL kini Makin Mudah dan Simpel
SURYA/NURAINI FAIQ
Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Edwin saat meluncurkan program Surat Izin Penghunian (SIP) keliling, Rabu (11/4/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Mengurus Surat Izin Penghunian (SIP) rumah dinas di lingkungan TNI AL kini tidak perlu ke Mako Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V). Tapi cukup di layanan mobil keliling saja. 

Inilah inovasi baru dalam pelayanan jemput bola pemohon SIP rumah dinas bagi personel TNI AL dengan meluncurkan Program Pelayanan SIP Rumah Negara (Rumneg) Keliling.

Peluncuran program layanan tersebut digelar di Balai RW 05 Komplek TNI AL, Kelurahan Sukolilo Baru, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, Rabu (11/4/2018).

Dinilai Bikin Semrawut, Ribuan Pengantar Jemaah Umrah di Bandara Juanda Akan Ditertibkan

Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin, Rumneg merupakan bangunan yang dimiliki negara yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian. 

Juga sebagai Sarana pembinaan keluarga dalam menunjang pelaksanaan tugas pejabat,  prajurit dan PNS TNI AL

"Mereka yang menempati Rumneg harus berizin, mentaati segala aturan yang berlaku. Menjaga kebersihan,  keamanan,  keasrian, dan memiliki SIP untuk tinggal," kata Edwin. 

Anggota dan PNS yang memanfaatkan barang milik negara itu juga sesuai dengan nama. Bila sudah habis masa berlakunya,  maka SIP harus diperpanjang. 

Terungkap, Inilah Dugaan Alasan Dokter Michael yang Lulus Cumlaude Bunuh Diri di Tunjungan Plaza

Dalam pelaksanaannya, jika ada yang tidak mematuhi ketentuan Lantamal V telah membentuk Tim Terpadu Penertiban Rumneg. Tim ini terdiri atas Pomal, Tim Intel,  Disfaslan dan Disminpers Lantamal 

Saat ini sedikitnya ada 4.783 unit Rumneg yang berada di wilayah Surabaya dan Sidoarjo yang pengawasannya berada di Lantamal V.  

Rumneg tersebut tersebar di Komplek TNI AL Kenjeran 861 unit, Komplek Pulungan 322 Unit, Gedangan 376 Unit,  Semolowaru 247 unit, Juanda 23 unit.

Kemudian di Darmo Kali 25 unit,  Tanjung/  Teluk 568 unit,  Hang Tuah 75 unit,  Wonosari Besar 367 unit,  Kandangan 82 unit, DBAL Ujung 644 unit,  Wonosari RSS 910 unit, dan Rusunawa 153 unit.

Pencuri Cilik Jarah Ponsel di Java Strudle Malang, Caranya Beraksi Benar-benar Profesional

"SIP dilayani secara cepat dan tidak ada alasan lagi untuk terlambat dalam pengurusan SIP sehingga semua tertib administrasi," tandas Edwin. (Surya/Nuraini Faiq) 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved