Pilgub Jatim 2018

Gus Ipul Apresiasi Koperasi Karyawan di Perusahaan Pengolah Tembakau Jombang

kunjungan di Jombang, Cagub Jawa Timur nomor urut dua, Gus Ipul menemui ribuan buruh perusahaan pengolah tembakau

Gus Ipul Apresiasi  Koperasi Karyawan di Perusahaan Pengolah Tembakau Jombang
bobby Koloway/surya
Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bertemu dengan ribuan buruh pengolah tembakau di PT Pertemuan Dua Lautan (Perdula) Mitra pembuat Sigaret (MPS) Ngoro, Jombang, Selasa (22/5/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Melanjutkan kunjungan di Jombang, Cagub Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menemui ribuan buruh perusahaan pengolah tembakau, PT Pertemuan Dua Lautan (Perdula) Mitra pembuat Sigaret (MPS), Ngoro, Jombang, Selasa sore (22/5/2018).

Dibandingkan beberapa kunjungan Gus Ipul sebelumnya, kunjungan Gus Ipul kali ini sedikit berbeda. Tak hanya bertemu buruh yang mayoritas perempuan, Gus Ipul juga melihat bazar di salah satu sudut pabrik ini.

Bazar Ramadan yang didirikan para pekerja ini menjual berbagai produk olahan makanan khusus Ramadhan. Mulai sekadar olahan gorengan hingga sayuran dan minuman.

"Makanan yang dijual ini memang disiapkan untuk buka. Sebab, bazar ini dibuka memang hanya pada saat lebaran saja," kata Solikin, Ketua Bazar Ramadhan ini.

Tak hanya makanan, di sebelas stan milik karyawan ini pula juga tersedia peralatan kebutuhan rumah tangga hingga pakaian. Seluruhnya dibuat dan disiapkan oleh karyawan sendiri.

Baca: Kadin Jatim Anjurkan Pemda di Daerah Terbuka Soal Perizinan

"Barang yang dijual di tempat ini merupakan hasil olahan teman-teman karyawan sendiri. Sehingga, selain kualitas barang dan rasanya terjamin, harganya pun terjangkau," kata Solikin yang sudah 18 tahun bekerja di tempat ini.

Ia bercerita, alasan didirikannya bazar ini atas usulan dari para pekerja. "Selain untuk ketersediaan makanan buka puasa, acara ini juga untuk merambah pemasukan para pekerja," ujar Solikin.

Ditambahkan, selama ini dia bersama karyawan lain telah memiliki koperasi. Koperasi yang diberi nama Unit Jasa Keuangan Syariah (UJKS) ini juga telah memiliki Warung Serba Ada (Waserda).

"Melalui koperasi ini, kami bisa mencicil beberapa barang yang elektronik. Hal ini sekaligus secara tidak langsung menambah taraf hidup karyawan," ujarnya.

Mendengar penjelasan karyawan di tempat ini, Gus Ipul lantas memberikan apresiasi tinggi.

"Ini bagus sekali. Pengurus bersama karyawan memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan mereka melalui kegiatan ini," ujarnya.

Baca: Puti Gagas Jambore Antar Umat Beragama, Begini Tujuannya

Perekonomian buruh memang akan ditingkatkan melalui penguatan koperasi buruh di perusahaan. Nantinya, pemerintah bersama perusahaan turut membantu pendirian koperasi pekerja dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan koperasi.

Hal ini bertujuan untuk membangun entitas bisnis yang berpihak kepada rakyat. Ke depannya, pekerja bisa koperasi yang dikelola dengan profesional, inovatif, sehingga bisa bersaing.

"Pemerintah juga akan membantu koperasi sehingga kinerja koperasi di dalam perusahaan akan sekaligus meningkatkan kinerja buruh di perusahaan," pungkas Gus Ipul.(Surya/sutono)

Penulis: Sutono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved