Breaking News:

Ada Imbauan Membersihkan Sampah Sendiri Usai Menonton di Bioskop, Netizen Indonesia Berdebat

Perlunya membuang sampah bekas makanan dan minuman usai menonton di bioskop masih menjadi perdebatan. Kenapa?

Penulis: Alga W | Editor: Alga W
Instagram/cinema.21
Ilustrasi 

TRIBUNJATIM.COM - Menonton film jadi kegiatan mengisi waktu luang yang kerap dilakukan banyak orang.

Aktivitas ini juga sering dijadikan cara menikmati hiburan untuk beberapa orang.

Apalagi jika menonton film di layar besar seperti bioskop.

Bioskop sendiri beragam di Indonesia, seperti Cinema XXI, CGV Blitz, Cinemaxx, dan lainnya.

Baca: Kisah Jasad Bocah Jaket Merah Korban KM Sinar Bangun, Terungkap Alasan Tubuhnya Tak Mengambang

Saat menonton film di bioskop, paling cocok membawa camilan ke dalam studio.

Tentunya, dengan membawa camilan ke dalam studio, akan meninggalkan sampah.

Baca: Seminggu Penangkapan Ikan Arapaima Gigas di Sidoarjo, Kini Pemilik Sang Predator Telah Ditemukan

Baru-baru ini, akun Instagram resmi Cinema XXI, @cinema.21, mengunggah foto imbauan untuk pengunjung.

Foto ini di-posting sejak Minggu (1/7/2018) kemarin, dan sudah diramaikan 3.782 komentar per Senin (2/7/2018) ini.

Imbauan yang diunggah tersebut adalah untuk segera membuang sampah bekas makanan dan minuman sehabis menonton.

Hal ini sebagai bentuk untuk meringankan beban petugas bioskop.

Baca: Fenomena Bowo Alpenliebe Artis Tik Tok, Ini 6 Fakta Dirinya yang Masih SMP, Wajah Asli Terbongkar?

"Kalau nonton di bioskop @cinema.21 memang paling senang sambil ngemil. Nah, selesai nonton, sampah bekas makanan dan minumannya jangan ditinggal begitu saja ya!

Yuk bantu petugas Bioskop dengan membantu membuangkan sampah makanan minuman ke tempat sampah yang ada di luar bioskop. Hal ini sangat mudah dan membantu Sobat Nonton lainnya lebih nyaman menonton lho," begitu tulisan di keterangan.

Baca: Karier Meredup dan Sempat Disebut Meninggal, Begini Kabar Sony Wakwaw Kini, Ayahnya Ungkap Sisi Lain

Ternyata imbauan untuk segera membersihkan sampah yang dibawa pengunjung ini menuai beragam reaksi dari netizen.

Netizen pun pro-kontra.

Mereka yang tidak setuju mengatakan bahwa membersihkan bioskop memang kewajiban petugas kebersihan.

"Kalau bantu petugas digaji nggak min? Atau dapat cashback makanan dan minumannya, udah bayar tiket, beli makan dan minum, suruh bantu-bantu juga, kebangetan," kata akun rizky_habib di Instagram Cinema 21.

Baca: Astaga, Pria Saat Memotong Kayu Tak Sengaja Bunuh Makhluk Ngeri yang Bikin Netizen Ribut Ini

Pelanggan lain beralasan bahwa harga makanan dan minuman di Cinema 21 terlalu mahal.

"Wajar gue buang sampah sembarangan. Mineral aja harga 4x lipat. Gue sih sengaja gue hambur-hamburkan," kata pemilik akun Instagram @arieindinesia.

Twitter/WatchmenID
Twitter/WatchmenID ()

Baca: Wanita Asal Bojonegoro Ini ART dengan Gaji Tertinggi? Sampai Kalahkan Upah Asisten Dewi Perssik!

Ada yang menyebutkan bahwa kebersihan bioskop adalah tanggung jawab petugas, bukan pengunjung.

kenzo.pradana: Lu jualan makanan minuman harga selangit gitu, trus keuntungan buat apa? Kenapa ga dipakai buat ngegaji petugas kebersihan lu?

Baca: Jalani Oplas Ekstrem Senilai Rp 4 Miliar, Hasilnya Bikin Wanita Ini Makin Depresi dan Menjerit

Namun, tak sedikit pula yang mengatakan bahwa setiap pengunjung bertanggung jawab atas sampah masing-masing.

Hitung-hitung juga membantu pekerjaan petugas agar tak terlalu berat.

Selain itu, netizen yang setuju mengungkapkan bahwa membuang sampah usai menonton adalah salah satu bentuk kesadaran diri.

Netizen juga ada yang mengungkapkan bahwa petugas bioskop sendiri hanya punya waktu yang singkat untuk membersihkan studio, sebelum dipakai untuk penayangan berikutnya.

Baca: Malam Hari Cewek Order Ketoprak, Driver Ojek Online yang Takut Lewati Hutan Lakukan Ini Demi Pesanan

ryhn_mln: Bantu bersihin sampah gakpapa lah, mereka tetap di upah sama xxi, kita ringankan beban mereka... kita juga menghargai petugas kebersihan...

ryanbayu24: Saat pergantian pengunjung sang petugas hanya mempunyai waktu ±5 menit untuk membersihkan sampah kalian.. bayangkan betapa repotnya itu.. cuma bawa bekas snack kalian keluar ye

hellgirlinjakarta: Ini bukan soal harga makanan dan minuman di xxi mahal, tapi ini soal kesadaran diri dalam menjaga kebersihan studio aja. Ini sama aja kalian membuang sampah pada tempatnya walaupun sebenarnya ada yang namanya petugas kebersihan keliling.

riduanmcqueen95: Setidaknya kalau gak dibawa keluar sampahnya minimal ditumpuk jadi 1 biar cepat bersihinnya, nanti kalau jadwalnya ngaret sampe 40-60 menit gara gara bersihka studio pada ngomel

yvonneoctovia: @prasnu_ bisa bayangin brp waktu petugas kebersihan buat bersihin studio itu? petugas kebersihan di bioskop bukan cuma bersihin studio, mereka juga punya tugas lain, apa susah nya sih buang sampah nya sendiri? jgn pake alesan “kan udh bayar” emgnya dgn membayar bisa nglakuin seenaknya, engga kan? kalo mindset nya begini trs indonesia kpn maju nya wkwkw

Baca: Terkenal Kaya, Raffi Ahmad Deg-degan Saat Traktir Para Keponakan Belanja, Lihat Jumlah Tagihannya!

Perdebatan netizen soal buang sampah usai menonton di bioskop
Perdebatan netizen soal buang sampah usai menonton di bioskop (Instagram/cinema.21)

Baca: Akhir Hayat Soekarno yang Memilukan, Inilah Sosok Istri yang Setia Menemani hingga Meninggal Dunia

Tak hanya itu, netizen sampai membandingkan perilaku ini dengan kebiasaan di Jepang atau Korea.

lauren_federal: @yastito_ mas, klo di korea budidaya nya sdh biasa wlpun kita pembeli, trus kita makan di resto ramen, org2 korea naroin mangkok dsb ke meja yg sdh di sediakan, even ada pelayan nya, dan di resto junk food juga gtu, kertas2 bekas makan n minum langsung di buang ke tempt sampah sama si cust2 trsbt ,krna sdh budaya mereka sprti itu, klo mikir nya msh gtu trus ya makanya indonesia msh berserakan sampah d mana2 krna mikir "owh ada petugas kebersihan ini" ,, ya ga akan bisa nyusul kebersihan jepang n korea :D

izmiaudea: @clairineclay setuju, bukan membanding2kan negara sndiri sama jepang,tp sudah saatnya kita mencontoh,mencontoh gaya hidup org2nyaa yg tertib dan bersih,ya meskipun pastinya ada saja yg tidak bisa diatur tp sebagian besar masyarakatnyaa pandai menjaga lingkungan.. Terlepas ada cleaner atau engga kalo sampah yg berasal dri makanan sndiri ya itu tanggung jawab kita, tanpa ada sampah berceceran pun para cleaner ini masih banyak tugasnya kok..harus dirubah nih pola pikir org2 yg ga bisa bertanggung jawab even sama sampahnya sndiri

nuni_hario: Padahal di jepang tempat sampah susah dicari, tapi ngga ada sampah 1 pun keliatan di mata

Bagaimana menurutmu?

Baca: Viral Foto Driver Ojol Salat di Saf Belakang Sendirian, Baju dan Sajadahnya Bikin Netizen Merenung

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved