Pileg 2019

Aneh, Jelang Penyerahan Perbaikan Syarat Caleg ke KPU Ditutup, Belum Ada Satupun Parpol yang Selesai

Belum ada satupun parpol yang selesai menyerahkan perbaikan syarat caleg ke KPU jelang penutupan.

TRIBUNJATIM.COM/AQWAMIT TORIK
Suasana penyerahan perbaikan syarat calon Bacaleg untuk pemilu 2019 di KPU Jawa Timur, Selasa (31/7/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Di hari terakhir masa penyerahan perbaikan syarat calon anggota DPRD Provinsi Jawa Timur pada Pileg 2019, Selasa (31/7/2018), belum satupun partai politik yang telah tuntas memberikan perbaikan.

"Hingga saat ini belum ada satupun partai yang selesai melengkapi syarat calon. Oleh karenanya, kami sedang membuka proses perbaikan syarat calon itu," kata Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, Selasa siang.

Beruntung, di hari terakhir ini KPU masih membuka proses hingga pukul 24.00 WIB. "Selama proses itu belum selesai, kami belum memberikan tanda terima," jelasnya.

Berdasarkan penjelasan Eko, syarat calon ini merupakan lanjutan dari syarat pencalonan. Yang mana, kekurangan syarat calon ini diselenggarakan pada 22-31/7/2018.

Eko menyebut setiap tidak seluruh bakal Calon Legislatif partai politik harus memperbaiki syarat calon. Sebab, perbaikan tersebut hanya menyangkut kelengkapan berkas, keabsahan berkas, dan legalitas legalitas berkas.

"Misalnya persoalan-persoalan nama yang tidak sama, ijazah yang tidak sesuai, dan beberapa dokumen yang masih memerlukan verifikasi," ucapnya.

Kemudian, ada pula caleg yang berpotensi terindikasi sebagai mantan narapidana kasus tindakan korupsi, tindak kekerasan seksual terhadap anak, dan kejahatan menjadi bandar narkoba.

Yang mana, sesuai dengan Peraturan KPU no 20 tahun 2018, ketiga napi tersebut dilarang kembali mencalonkan diri.

Apabila hingga batas waktu nanti masing-masing partai politik tak menyerahkan perbaikan maka besar yang bersangkutan akan dicoret dan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Eko menyebut, bahwa bagi bacaleg yang dinyatakan TMS dipastikan tak dapat diajukan pergantian.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved