Gempa dan Tsunami Sulawesi Tengah

Baitul Maal Hidayatullah Akan Berangkatkan 50 Da'i Ke Sulawesi Tengah

Baitul Maal Hidayatullah (BMH) akan mengirimkan 50 Dai Jawa Timur ke Sulawesi Tengah, satu minggu lagi.

Baitul Maal Hidayatullah Akan Berangkatkan 50 Da'i Ke Sulawesi Tengah
pipit/Surya
Lima dai BMH (atasan putih) Surabaya saat diberangkatkan secara simbolis ke Sulawesi Tnegah 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Baitul Maal Hidayatullah (BMH) akan mengirimkan 50 Dai Jawa Timur ke Sulawesi Tengah, satu minggu lagi.

Secara simbolis, mereka diberikan amanat panitia BMH di Hotel Singgasana, Surabaya bertepatam dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) BMH 2019, Selasa (23/10).

50 Da'i akan dikirik bergiliran, dan membantu daerah yang terkena dampak bencana alam selama satu bulan.

Imam Nawawi, Kepala Humas BMH Pusat menjelaskan tugas yang diemban para da'i adalah menyebarkan semangat bersabar dan meyakinkan masyarakat bahwa Tuhan merencanakan kehidupan ini.

"Jadi para dai ini mengajak masyarakat ingat kepada Allah, karena kalau mereka bisa berpikir positif bisa dengan mudah menjadi lebih kreatif dan semangat. Mereka juga terlibat, tidak hanya naik mimbar dan tausiah tapi juga terjun dan melebur ke dalam kehidupan masyarakat," terang Imam pada TribunJatim.com.

Dijatuhi Hukuman 7 Bulan Penjara, Keyko Menangis dan Minta Maaf kepada Korban-korbannya

Pengiriman 50 dai lanjut Imam bagian dari program dakwah BMH, disamping pengiriman logistik yang terus dilakukan hingga saat ini.

Semua dai yang diberangkatkan sebelumnya juga sudah mendapatkan pembekalan khusus dari BMH. Para dai pun bukan orang asing melainkan diambil dari mitra strategis BMH di Jawa Timur.

Setelah tiba di Sulawesi Tengah, para dai akan bertempat di posko utama, di Pesantren Hidayatullah Palu, Kelurahan Tondo. Kemudian baru setelah itu disebar ke titik dan desa yang membutuhkan pendampingan dai. Misalnya Donggala, Sigi dan ke desa pedalaman yang terdampak lainnya.

Ustad Moh Bahri, salah satu dai yang masih bujang ini ikut berangkat dengan senang hati. Dia mengatakan akan memberikan manfaat sekecil apapun, sebagai wujud bahwa kehidupan ini harus baik dalam berhubungan dengan manusia, alam, dan tuhan.

Kurir 1 Kg Sabu Diganjar 15 Tahun Penjara Oleh Hakim PN Sidoarjo

"Persiapan yang paling penting adalah persiapan mental dan spiritual pribadi saya supaya tidak down, melihat kondisi saudara kita di sana. Metode dakwah ya nanti kami akan keliling beberapa posko, memberikan motivasi," katanya pada TribunJatim.com.

Ustad Septian, salah seorang dai yang sudah berkeluarga mendapatkan dukungan penuh dari orang-orang yang dicintainya.

Menurut Usrad Septian, sudah jadi panggilan hati menolong saudara-saudara di Sulawesi Tengah yang terkena musibah.

"Kehadiran kita sudah pasti diharapkan memberikab ebergi positif bagi mereka. Jadi kita harus kuat. Semua keluarga saya juga mendukung karena ini demi kepentingan umat," tutupnya. (Pipit Maulidiya/TribunJatim.com)

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved