Gempa dan Tsunami Sulawesi Tengah

KPU Kabupaten Malang Kumpulkan Rp 57 Juta, Untuk Korban Gempa di palu dan Donggala

gempa bumi dengan kekuatan 7,4 skala richter di Sulawesi Tengah, September lalu mmemantik kepedulian, terutama anggota KPU Kabupaten Malang

KPU Kabupaten Malang Kumpulkan Rp 57 Juta, Untuk Korban Gempa di palu dan Donggala
Kondisi Kota Palu Sulawesi Tengah pasca diguncang gempa - TribunTimur 

 TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Kejadian gempa bumi dengan kekuatan 7,4 skala richter di Sulawesi Tengah, akhir September lalu masih memantik kepedulian banyak pihak, terutama anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang.

KPU Kabupaten Malang melakukan penggalangan dana untuk korban gempa di Palu, Sigi dan Donggala. Hanya dalam waktu satu minggu, sudah terkumpul dana sebesar Rp 57 juta.

Ketua KPU Kabupaten Malang Santoko, menjelaskan, penggalangan dana ini merupakan bentuk tindak lanjut dari surat instruksi dari KPU RI. Kurang lebih isinya adalah imbauan untuk melakukan menggalang pengumpulan bencana.

"Suratnya sudah kami terima cukup lama. Tapi baru minggu lalu sempat menggalang dana. Memang agak terlambat," terang Santoko ketika dikonfirmasi TribunJatim.com, Kamis (25/10/2018).

Mahasiswa Undar Demo Gagalkan Pelantikan Rektor Baru, Ketua Yayasan Dikepung Pendemo

Santoko jelaskan, penggalangan dana ini dilakukan secara internal oleh KPU dan lembaga adhock mereka di tingkat kecamatan dan desa. Misalnya saja petugas PPK dan PPS.

Sebelum petugas adhock mereka di kecamatan dan desa melakukan penggalangan dana, KPU Kabupaten Malang sudah mengirimkan surat terlebih dahulu. Artinya kegiatan ini resmi.

"Jadi bukan pengalaman dana dengan kardus yang dikelilingkan begitu ya. Tapi internal oleh teman-teman," imbuh alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu pada TribunJatim.com.

5 Fakta OTT KPK atas Bupati Cirebon, Kronologi hingga Pernah Kampanyekan Bebas Korupsi

Dana yang sudah terkumpul dari 33 PPK dan 390 PPS yang tersebar di seluruh Kabupaten Malang itu kemudian ditransfer ke rekening Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur. Selanjutnya, oleh KPU Jawa Timur, dikirim ke rekening KPU RI.

"Nanti yang menyalurkan KPU RI. Entah melalui Pemerintah daerah atau KPU di provinsi tersebut, saya tidak tahu," tegas dia.

Capaian Rp 57 juta ini, kata dia membuat KPU Kabupaten Malang mendapatkan perolehan terbesar di Jawa Timur. (ew/TribunJatim.com)

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved