Praktik Metode Belajar Baru,Chef Ken Ajak Anak-Anak Buat Cheese Burger di EF Kitchen Plaza Surabaya

21 anak tampak mengenakan topi koki berwarna putih dan apron biru di English First Delta Plaza Surabaya, Kamis (21/3/2019).

Praktik Metode Belajar Baru,Chef Ken Ajak Anak-Anak Buat Cheese Burger di EF Kitchen Plaza Surabaya
TRIBUNJATIM.COM/HEFTY SUUD
Keseruan membuat cheese burger bersama Chef Ken di EF Kitchen Plaza Surabaya, Kamis (21/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - 21 anak tampak mengenakan topi koki berwarna putih dan apron biru di English First Delta Plaza Surabaya, Kamis (21/3/2019). Dipandu oleh Chef Ken, mereka belajar membuat cheese burger di EF Kitchen.

"Biasanya kan mereka tahu cheese burger ya dari restoran cepat saji. Hari ini saya akan mengajak mereka membuatnya sendiri, supaya mereka tahu komposisi makanan yang mereka makan dan bagaimana cara membuatnya dengan benar," ujar chef yang memiliki nama lengkap Ken Kurniawan Sutanto itu.

Dijelaskannya, bahan pembuatan cheese burger sudah disiapkan, antara lain beef, burger bun (roti burger), tomat, selada, dan beragam saus. Dalam kegiatan itu, anak-anak hanya mengolah beef dan menyusun burger.

Pertama, Ken tampak memandu anak-anak untuk membuat patty beef. Caranya, bubuhkan beef degan beberapa bumbu antara lain garam, mustard, garlic powder dan barbeque sauce.

English First Plaza Surabaya Luncurkan EF Kitchen, Jadikan Dapur Untuk Ruang Belajar Bahasa Inggris

Setelah bumbu dimasukkan ke dalam beef, selanjutnya anak-anak diminta untuk mengaduk beef yang telah dibumbui dengan tangan mereka. Sebelumnya, pastikan anak-anak telah mencuci tangan.

Usai diaduk, Ken memberi intruksi agar anak-anak membentuk beefnya menjadi bulat lalu dipipihkan. Selanjutnya, beef yang telah diolah dimasukkan ke dalam oven sampaj warnanya berubah kecoklatan.

Seluruh step pemuatan cheese burger, dijelaskan Ken dalam Bahasa Inggris. Bahkan hingga pengusunan bahan menjadi burger siap makan.

Hal itu dilakukan, sebab kegiatan memasak merupakan metode belajar terbaru yang diluncurkan oleh EF. Di Surabaya, metode tersebut dilakukan di EF Plaza Surabaya dan EF Pakuwon Trade Center.

"Ini adalah program belajar terbaru dan berbeda untuk anak-anak. Mereka akan belajar Bahasa Inggris secara menyenangkan dengan memasak atau melakukan kegiatan lain di ruang belajar menyerupai dapur," ujar Richard Jeffery, Senior Native Teacher EF Plaza Surabaya.

Metode tersebut, disebut Richard akan membuat anak-anak lebih mudah menyerap Bahasa Inggris. Sebab menurutnya anak-anak tidak belajar bahasa dari ruang kelas, melainkan dari kegiatan dan lingkungannya.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved