Kampus di Surabaya

Gagas Layanan Online Jemput Sampah, Terannisa Nabilah Juarai Beasiswa Djarum 2019

Terannisa Nabilah pun memunculkan ide Ojek Online Jemput Sampah sebagai fasilitas yang memudahkan aksi masyarakat memilah-milah sampah

Gagas Layanan Online Jemput Sampah, Terannisa Nabilah Juarai Beasiswa Djarum 2019
TRIBUNJATIM.COM/NUR IKA ANISA
Terannisa Nabilah, mahasiswa semester enam Teknik Lingkungan ITS peserta Writing Competition Beswan Djarum 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA -  Aksi peduli bebas sampah dapat dilakukan setiap orang, yang paling mudah ialah memilah-milah sampah sejak akan dibuang.

Terannisa Nabilah pun memunculkan ide Ojek Online Jemput Sampah sebagai fasilitas yang memudahkan aksi masyarakat ini.

Ide pokoknya, ojek online ini akan terintegrasi dengan Bank Sampah lokal. Kemudian, ojek ini akan mengambil sampah masyarakat yang sudah dipilah rapi.

Sebagai gantinya, sampah-sampah ini akan dibayar saldo uang elektronik yang kemudian bisa digunakan berbagai macam transaksi.

(Beswan Djarum 2019 di Surabaya, Terannisa Nabilah Gagas Aplikasi Ojek Online Jemput Sampah)

Dari gagasannya tersebut, Terannisa yang merupakan Mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan ITS ini menjuarai writing competition Beswan Djarum 2019 pada kategori humaniora, budaya dan ilmu sosial.

Terannisa mengatakan aplikasi tersebut dicanangnya sebagai bentuk kepedulian bebas sampah dengan fitur layanan penjemputan sampah.

Hal ini mengacu pada data BPS masih tingginya tingkat perilaku masyarakat yang tidak memilah sampah sebel dibuang yakni 81,16 persen.

"Penerapan bank sampah online ini terinspirasi dari aplikasi online dan merchant pembayaran emoney" kata Terannisa Nabilah, Senin (6/5/2019).

Aplikasi online ini dinilainya dapat memudahkan masyarakat untuk memilah-milih sampah dengan menghemat waktu dan tenaga mengantar sampah.

Halaman
12
Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved