Idulfitri 2019

Gubernur Khofifah Sambut PMI yang Mudik ke Jatim, Beri Layanan Antar Gratis Sampai ke Kampung Asal

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa para pekerja migran Indonesia (PMI) yang mudik ke Jawa Timur mendapatkan layanan terbaik

Gubernur Khofifah Sambut PMI yang Mudik ke Jatim, Beri Layanan Antar Gratis Sampai ke Kampung Asal
SURYA.CO.ID/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menyambut kedatangan PMI di Bandara Juanda, Jumat (31/5/2019) malam. PMI yang mudik ke Jawa Timur diberi layanan angkutan gratis sampai ke kampung halaman. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa para pekerja migran Indonesia (PMI) yang mudik ke Jawa Timur mendapatkan layanan terbaik dan selamat sampai ke kampung halaman.

Oleh sebab itu, malam ini, Jumat (31/5/2019), Gubernur Khofifah menyambut langsung kedatangan para PMI yang tiba di Bandara Juanda.

Ia juga memastikan bahwa para PMI tersebut bisa pulang sampai ke kampung halaman dengan selamat dan aman.

Saat Idul Fitri, Gubernur Khofifah Undang Semua Warga dan ASN Open House di Gedung Grahadi Surabaya

Untuk itu, tahun ini, Pemprov Jatim bekerja sama dengan pihak swasta menyediakan bus untuk mengantar para PMI mudik ke kampung halaman di kabupaten kota di Jawa Timur.

Ini adalah inovasi penyediaan bus yang standby di Bandara Juanda dan siap mengantar para PMI hingga ke daerah asal mereka.

"Pertama kita sudah tiga hari ini memberikan layanan mudik gratis. Alhamdulillah juga ada BRI yang menyiapkan mudik gratis bagi PMI yang kembali dari tempat mereka bekerja. Ini sesuatu sekali menurut saya. Karena fenomena-fenomena yang pernah saya tahu agak kurang menyenangkan bagi PMI saat mudik ke kampung halaman," kata Khofifah.

Gubernur Khofifah Larang Mobil Dinas Pemprov Jawa Timur Digunakan untuk Mudik Lebaran

Sebelumnya, banyak PMI yang curhat pada Khofifah saat mereka pulang kampung, ternyata mendapat pengalaman kurang menyenangkan. Seperti mereka yang tidak dijemput keluarga menyewa mobil ternyata harga sewa kendaraannya dimahalkan dari harga normal.

"Begitu juga saat mereka tukar uang rupiah. Ternyata nilai tukar uangnya dibuat agak berbeda. Kalau mereka dilayani seperti ini, saya yakin mereka akan terjaga dan terkawal sampai ke kampung halaman," kata Khofifah.

Layanan bus dari Juanda untuk PMI ini sudah berjalan tiga hari. Hari ini, bus yang tersedia mengantar para PMI dengan rute hingga Kabupaten Tulungagung. Sehingga para PMI yang serute hingga Tulungagung bisa diantarkan menggunakan bus gratis.

"Yang datang hari ini ada dari Singapura, ada dari Taiwan, ada juga dari Hongkong. Kebanyakan mereka ini dari Blitar, Kediri, Tulungagung, juga Trenggalek. Maka serute dengan kendaraan bus bisa ikut terangkut," kata Khofifah.

Gubernur Khofifah Berangkatkan 2000 Pemudik Mudik Gratis Bersama Jasa Raharja

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved