Ada Wisatawan Tewas Tenggelam di Telaga Pasir Sarangan, Pemkab Magetan Baru Mau Dirikan Pos SAR

Ada Wisatawan Tewas Tenggelam di Telaga Pasir Sarangan, Pemkab Magetan Baru Mau Dirikan Pos SAR.

Ada Wisatawan Tewas Tenggelam di Telaga Pasir Sarangan, Pemkab Magetan Baru Mau Dirikan Pos SAR
SURYA/DONI PRASETYO
Sekda Kabupaten Magetan Bambang Trianto 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Pemkab Magetan sudah koordinasikan pendirian Pos SAR di Telaga Pasir Sarangan, Kecamatan Plaosan, setelah jatuh korban lagi seorang wisatawan asal Kota Madiun tewas tenggelam di telaga Pasir, Kamis (13/6) kemarin.

"Bupati sudah perintahkan segera mendirikan Pos Search and Rescue (SAR/Pencarian dan Penyelamatan) di sekitar Telaga Pasir,"kata Sekretaris Pemkab Magetan Bambang Trianto kepada Tribunjatim.com, Senin (17/6).

Musim Kemarau Buat Lahan Pertanian di Magetan Mengering, Ada 167 Hektar Puso, Kerugian Capai Rp 13 M

Lebaran Ketupat, Warga Kampung NU Magetan Bagikan Barisan Ketupat Sepanjang Dua Km Gratis

Pengamanan Lebaran, Libatkan Satuan Hewan Lanud Iswahjudi Magetan, Jaga Terminal & Stasiun KA

Rencana pendirian Pos SAR di sekitar Telaga Pasir Sarangan ini setelah tewasnya Dodik Supriyo (41Th), seorang wisatawan warga Desa Tawangrejo RT02/RW04, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun di Telaga Pasir, Sarangan, tenggelam di telaga setempat.

Selama ini, Sarangan sebagai tempat wisata berair, standar keamanan dan kenyamanan wisatawan belum dipenuhi Pemkab Magetan sebagai pengelola.

Semestinya sebagai tempat wisata berair, standar keamanan dengan menyediakan tim SAR di seputar telaga itu wajib dipenuhi.

Selain keamanan, Pemkab Magetan sebagai pengelola juga tidak pernah memiliki standar kapasitas maksimum, agar tidak memaksakan pengunjung masuk melebihi kapasitas, sehingga menjamin kenyamanan wisatawan.

"Kita sudah rapatkan masalah keamanan dengan mendirikan Pos SAR itu dengan Dinas Pariwisata, Satpol PP, BPBD dan Kepolisian setempat,"ujar Sekda Magetan.

Menurut Bambang, Pos SAR untuk memberikan rasa aman kepada wisatawan yang berkunjung ke Sarangan, secepatnya Pos SAR itu akan dibentuk. Diusahakan diseputaran telaga Sarangan.

"Ini segera, perintah Bupati Pos SAR segera dibentuk di Sarangan. Benar korban tenggelam di Telaga Sarangan harus di antisipasi. Keamanan wisatawan harus di nomor satukan,"jelas Sekda Bambang.

Tidak hanya itu, lanjut Bambang, Pemkab Magetan sebagai pengelola wisata Sarangan juga akan menambah, memperbarui alat alat penunjang keselamatan seperti pelampung atau jaket keselamatan untuk wisata air, yang berisiko tinggi seperti danau, telaga dan pantai.

"Rencana penambahan dan memperbarui alat penunjang keamanan dan keselamatan juga akan kita anggarkan, dan akan kita realisasikan secepatnya,"tandas Sekda Magetan Bambang.

Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved