Fenomena Embun Upas Terjadi di Gunung Bromo dan Semeru, Suhu Capai 0 Derajat Celsius pada Malam Hari

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger dan Semeru (TNBTS) mengimbau para pengunjung di Gunung Bromo waspada terhadap suhu ekstrem

Fenomena Embun Upas Terjadi di Gunung Bromo dan Semeru, Suhu Capai 0 Derajat Celsius pada Malam Hari
ISTIMEWA
Fenomena embun upas di Gunung Bromo 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger dan Semeru (TNBTS) mengimbau para pengunjung di Gunung Bromo waspada terhadap suhu ekstrem yang saat ini terjadi.

Fenomena embun upas dilaporkan terjadi di kawasan Gunung Bromo sejak 18 Juni lalu. Suhu di kawasan tersebut pada malam hari bisa mencapai 0 derajat celsius.

"Petugas lapangan kami melaporkan bahwa ada temuan empun upas atau fenomena frozen di Penanjakan dan Cemoro Lawang Gunung Bromo. Suhu di kawasan itu pada siang hari berkisar 5 sampai 10 derajat celsius. Sedangkan malam hari bisa 0 derajat celsius," kata Humas BB TNBTS, Syarif Hidayat, Jumat (21/6/2019).

Satu di antara destinasi wisata alam yang ada di Lumajang adalah puncak B29 yang biasa di sebut Negeri di atas awan. Puncak Bukit 29 atau B29 adalah bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).
Satu di antara destinasi wisata alam yang ada di Lumajang adalah puncak B29 yang biasa di sebut Negeri di atas awan. Puncak Bukit 29 atau B29 adalah bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). (ISTIMEWA)

Per 1 Juni 2019, Harga Tiket Masuk Gunung Bromo dan Gunung Semeru Naik, Baca Ini

Dinas Kesehatan Jawa Timur Suplai Obat-obatan untuk Warga Terdampak Erupsi Gunung Bromo

Selain di Gunung Bromo, fenomena embun upas juga ditemukan di Ranu Pani atau pos pertama pendakian Gunung Semeru. Suhu di kawasan itu pada siang hari berkisar antara 8 hingga 2 derajat celsius dan 0 derajat celsius pada malam hari.

"Embun upas di kawasan Ranu Pani dilaporkan terjadi pada 16 Juni 2019," imbuhnya.

Ia menyarankan pada wisatawan di Gunung Bromo dan pendaki yang akan menuju Semeru mempersiapkan baju hangat yang memadai dan obat-obatan. Hingga saat ini, belum dilaporkan dampak negatif dari cuaca ekstrem di Bromo maupun Semeru.

"Selain itu apabila terjadi hal-hal tidak diinginkan terkait dampak cuaca dingin segera menghubungi kantor atau petugas terdekat," ujar dia.

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved