Dishub Kota Surabaya Akan Tambah 20 Unit CCTV e-Tilang Tahun Ini, Simak Lokasi Pemasangannya!

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya berencana menambah 20 unit CCTV E-Tilang yang disebar di beberapa wilayah Kota Pahlawan.

Dishub Kota Surabaya Akan Tambah 20 Unit CCTV e-Tilang Tahun Ini, Simak Lokasi Pemasangannya!
SURYA.CO.ID/DELYA OCTOVIE
CCTV e-Tilang yang dipasang di Jl. Raya Darmo, Kamis (4/7/2019). Karena terbukti efektif, Dishub akan menambah 20 CCTV e-Tilang di beberapa wilayah lain. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya berencana menambah 20 unit CCTV E-Tilang yang disebar di beberapa wilayah Kota Pahlawan.

Kepala Dishub, Irvan Wahyudrajad, mengatakan penambahan 20 unit CCTV e-Tilang tersebut diperlukan karena memang sudah terbukti efektivitasnya.

"Dengan adanya CCTV E-Tilang, pelanggaran jadi lebih mudah terdeteksi. Apalagi ada voice-nya dan juga tilang on the spot, di mana pelanggar langsung ditilang di tempat, bukti juga langsung diprint," tutur Irvan, Kamis (4/7/2019).

Menag dan Gubernur Jatim Sambut Kedatangan Calon Jamaah Haji Kloter I dan II di Embarkasi Surabaya

Dari data terbaru Dishub yang dibagikan di Instagram resminya @dishubsurabaya, grafik total pelanggaran mulai Januari-Mei 2019 terendah pada bulan Januari dengan total 32.532 pelanggaran, tertinggi Maret 53.149 dan menurun lagi pada Mei dengan jumlah 45.154 pelanggaran.

Ada tiga macam pelanggaran yang dihitung, yakni melanggar marka solid, melanggar marka penunjuk arah dan melanggar lampu lalu lintas.

Lokasi yang dihitung pada bulan Januari adalah Jl. Kertajaya, Jl. Mustopo, Jl. Raya Darmo, Jl. Adityawarman dan Jl. Mastrip.

Sedangkan mulai Februari-April, lokasi yang dihitung adalah Jl. Kertajaya, Jl. Mustopo, Jl. Adityawarman, Jl. Airlangga, Jl. Raya Darmo, Jl. Kutai, Jl. Mastrip dan Jl. Gajah Mada.

"Kalau ada kameranya, apalagi ada suaranya, itu memang terbukti cukup efektif. Ada efek malu bagi pelanggar, apalagi video ketika kami menegur lewat suara kami sebar di media sosial," jelasnya.

PKB Bongkar Kriterian Calon yang Akan Maju Pilwali Surabaya 2020, Sebut Soal Harus Bisa Atasi Macet

Menurutnya, efek yang dihasilkan lebih terasa dibanding bila petugas kepolisian dan Dishub yang menegur atau menilang di lapangan.

"Itu jauh lebih efektif, bisa menggantikan petugas. Setidaknya petugas tidak harus 24 jam di lapangan, baik itu kepolisian maupun Dishub," imbuhnya.

Hasil yang positif ini dimanfaatkan Dishub untuk menambah 20 unit CCTV e-Tilang baru.

Pemasangan 20 unit ini secara bertahap mulai Juli hingga Desember 2019 di beberapa lokasi, beberapa di antaranya adalah Jalan Mayjen Sungkono, MERR, Jalan Bubutan, Jalan Gunungsari dan Jalan Ahmad Yani.

"Tahun ini kami akan pasang 20 unit, bertahap mulai bulan ini sampai Desember. Kami ingin ini lebih ke efek jera, tidak ingin itu jadi bahan acuan. Jadi kami lakukan tilang di tempat atau diperingatkan lewat suara itu," tutupnya. 

Penulis: Delya Octovie
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved