Hari Raya Idul Adha

Jelang Hari Raya Idul Adha 2019, Sapi Asal Magetan Serbu Jakarta dan Bandung, Segini Harganya!

Menjelang Hari Raya Idul Adha, ratusan sapi dari Kabupaten Magetan menyerbu Jakarta dan Bandung.

Jelang Hari Raya Idul Adha 2019, Sapi Asal Magetan Serbu Jakarta dan Bandung, Segini Harganya!
SURYA/DONI PRASETYO
Yudi Santoso warga Dusun Pait, Desa Buluharjo, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan ini salah satu pedagang sapi, yang ngedrop sapi korban ke Bandung dan Jakarta. 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Menjelang Hari Raya Idul Adha, ratusan sapi dari Kabupaten Magetan menyerbu Jakarta dan Bandung.

Serbuan hewan kurban ke kota kota besar itu terjadi sejak dua pekan lalu. Akibatnya, harga hewan kurban di pasaran lokal, khususnya sapi melonjak.

"Memang ada kenaikkan hewan kurban di pasaran, khususnya sapi. Tapi kenaikkan itu masih batas wajar. Dari dulu, menjelang Idul Adha, harga hewan korban naik, tapi naiknya biasa saja, tidak melonjak," kata Yudi Santoso, seorang pedagang besar sapi, warga Dusun Pait, Desa Buluharjo, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, kepada Surya (grup TribunJatim.com), Minggu (28/7/2019).

Jelang Hari Raya Idul Adha, Pemuda di Bojonegoro Nekat Maling Kambing Tetangganya, Berakhir di Bui

Menurut Yudi, kenaikkan itu sekitar Rp 1 juta - Rp 3 juta. Bahkan, kenaikkan saat ini di pasaran masih sekitar Rp 2 juta, belum ada kenaikkan harga sampai Rp 3 juta.

"Ya kalau jauh sebelum Idul Adha harga Rp 20 juta/ekor, saat ini di pasaran umumnya Rp 21 juta sampai Rp 22 juta, tergantung kesehatan sapi yang ditawarkan," jelas Yudi, yang berdagang sapi warisan dari Marmin, bapaknya.

Sampai saat ini, lanjut Yudi, permintaan kiriman sapi ke Bandung dan Jakarta dalam dua pekan ini sudah mencapai 256 ekor, harga per ekor sapi bervariasi antara Rp 22 juta - Rp 36 juta.

Bagaimana Hukumnya Berkurban di Hari Raya Idul Adha dengan Cara Berutang? Simak Penjelasannya!

"Sapi dengan harga antara Rp 22 juta - Rp 36 juta itu bisa dikatakan menengah, karena di atas itu ada. Namun peminatnya sedikit, karena kelas harga di atas Rp 50 juta, biasanya hanya orang orang tertentu dan perusahaan," kata Yudi.

Dikatakan Yudi, selain harga, jenis sapi yang saat ini banyak diminati masyarakat yaitu sapi jenis metal.

Sedang jenis lain ada, seperti Brahma, Beefalo, Limousin, Angus, Brangus, Hereford, Braford, Madura, sapi Bali dan Metal.

"Dari berbagai jenis itu yang paling diminati sapi Metal atau nama aslinya Simmental asal dari daerah Simme di negara Switzerland (Swiss). Jenis lain juga laku seperti Limousin, Brahma, dan sapi Madura, tapi tapi tidak seperti sapi Metal yang mudah dijual, mempunyai kualitas daging baik," ujar Yudi.

Daftar Lengkap Harga Hewan Kurban Terbaru untuk Idul Adha 2019, Ada Kambing dan Sapi!

Halaman
12
Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved