Unusa Luncurkan Mobil Data Cerdas, Bisa Deteksi Kualitas Udara hingga Kondisi Jalan 'Real Time'

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) meluncurkan inovasi Mobil Data Cerdas, penghimpun data real time.

Unusa Luncurkan Mobil Data Cerdas, Bisa Deteksi Kualitas Udara hingga Kondisi Jalan 'Real Time'
TRIBUNJATIM.COM/NUR IKA ANISA
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) meluncurkan inovasi Mobil Data Cerdas sebagai penghimpun data secara real time di wilayah Surabaya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nur Ika Anisa

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) meluncurkan inovasi Mobil Data Cerdas sebagai penghimpun data secara real time di wilayah Surabaya.

Mobil hasil kerjasama Unusa, Indosat dan Data Academy tersebut dilengkapi sensor-sensor berteknologi 5G untuk merekam data di lingkungan sekitar.

Dekan Fakultas Teknik Unusa Dr Istas Pratomo MT mengatakan, sensor itu diperuntukkan merekam data seperti kualitas udara, kondisi jalan maupun lalu lintas pada jalur-jalur maupun wilayah yang dilalui.

Pemprov Jatim Gandeng Unusa Realisasikan Program OPOP, Libatkan SMK Berbasis Pondok Pesantren

Teknologi 5G (teknologi bergerak) diterapkan untuk pengambilan data lingkungan pada sebuah unit bergerak seperti mobil maupun drone.

"Melalui mobil ini data yang diambil sambil bergerak dilengkapi sensor dan dipasangi simcard 4G Indosat untuk mengirim data sensor ke server cloud pengolah data milik cybertren data academy," kata Dr Istas Pratomo di Unusa, Kamis (15/8/2019).

Penggunaa Mobil Data Cerdas Unusa ini nantinya akan dikelola oleh Tim UKM Cyber Unusa yang berjumlah sebanyak 14 mahasiswa dari berbagai fakultas.

Sempat Ditutup Saat Mahasiswa Papua Demonstrasi, Tiga Jalan di Kota Malang Ini Kembali Dibuka

Mereka mengolah berbagai data yang diterima Mobil Data Cerdas seperti temperatur, kelembaban udara, kadar CO, CO2, O3, PM10, SO2, NO2, GPS, data image melalui kamera dan juga koordinat lokasi real time.

Data sensor tersebut, diakui Istas, dapat menjadi pemetaan kondisi lingkungan sebuah kawasan seperti Surabaya.

"Unusa menjadi yang pertama memanfaatkan mobil data cerdas untuk membantu permasalahan pemerintah daerah," kata dia.

Misalnya, data polusi udara wilayah tertentu untuk membantu Dinas Pekerjaan Umum dan dapat digunakan untuk pemantauan kepadatan kendaraan dan kondisi lingkungan.

"Masih banyak informasi penting lain yang bisa membantu mewujudkan kota maupun pemerintah daerah agar menjadi kawasan yang lebih smart," tutup dia.

Kota Malang Digeruduk Mahasiswa Baru, Dishub Rekayasa Lalu Lintas, Salut Larangan Kendaraan Pribadi

Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved