Bantu Pasarkan Produk UMKM Lokal Lewat Pasar Online, Pemkab Nganjuk Gandeng Bukalapak

Bantu pasarkan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di pasar online, Pemkab Nganjuk kerjasama dengan Bukalapak.

Bantu Pasarkan Produk UMKM Lokal Lewat Pasar Online, Pemkab Nganjuk Gandeng Bukalapak
SURYA.CO.ID/ACHMAD AMRU MUIZ
Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat menandatangani nota kerjasama dengan Bukalapak dalam pemasaran produk UMKM Kabupaten Nganjuk, Jumat (16/8/2019) 

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Bantu pasarkan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di pasar online, Pemkab Nganjuk kerjasama dengan Bukalapak.

Hal itu dilakukan agar produk UMKM yang ada di Kabupaten Nganjuk bisa ditawarkan secara nasional.

Disamping itu, para pelaku UMKM bisa lebih terampil dan terpacu untuk meningkatjan kualitas produknya.

Intip Meriahnya Penampilan Kreasi Busana Tradisional Asli Kabupaten Nganjuk dalam Pawai Budaya 2019

Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidhayat mengatakan, produk UMKM yang nantinya akan terpampang di situs khusus UMKM di Bukalapak akan bisa dilihat masyarakat luas seluruh nusantara bahkan dunia.

“Produk UMKM Nganjuk akan dikenal di luar, begitu juga dengan pelaku usaha otomatis akan berkembang untuk memajukan usahanya, karena tak dipungkiri kita berada di era revolusi industri 4.0 dimana semuanya serba digital,” kata Mas Novi, panggilan akrab Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat, Jumat (16/8/2019)..

Dalam nota kesepahaman itu, dikatakan Mas Novi, selain menampilkan produk-produk UMKMBukalapak sepakat untuk membantu mengadakan pembinaan dan pendampingan terhadap pelaku UMKM Nganjuk mengenai bisnis online.

Kedepannya, ungkap Mas Novi, pihaknya berharap dalam setiap desa di Kabupaten Nganjuk yang mencapai 248 desa minimal terdapat 5 pelaku UMKM.

"Dari 5 pelaku UMKM misalnya bisa menyerap 10 tenaga kerja, maka kurang lebih ada 10 ribu tenaga kerja yang akan terserap sehingga jumlah pengangguran di Kabupaten Nganjuk  bisa berkurang," tandas Mas Novi.

Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidhayat Bekali 1600 Mahasiswa Baru Unesa Soal Pencegahan Korupsi

Selain membahas UMKM, Mas Novi juga menyebutkan, pihaknya telah mengajukan konsep Smart Farming yang ada di Kabupaten Nganjuk kepada Menteri Pertanian.

"Insya Allah bulan depan, Pak Mentan akan meresmikan teknologi itu karena beliau cukup mengapresiasi. Bahkan Nganjuk akan jadi tempat percontohan teknologi Smart Farming ini," tutur Mas Novi.

(aru/Achmad Amru Muiz)

Penulis: Achmad Amru Muiz
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved