Rayakan Hari Kemerdekaan, Artotel Surabaya Adakan Latihan Membatik Topeng Wayang Selama Agustus 2019

Merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-74, Artotel Surabaya mengadakan pameran dan latihan membatik di artspace yang berada di area lobbynya.

Rayakan Hari Kemerdekaan, Artotel Surabaya Adakan Latihan Membatik Topeng Wayang Selama Agustus 2019
SURYA.CO.ID/SUGIHARTO
Seorang peserta menyelesaikan mengecat topeng saat acara workshop yang digelar di Arthotel Surabaya, Senin (19/8/2019). Workshop tersebut digelar sebagai bentuk pelestarian budaya dan sekaligus untuk mengenalkan tradisi topeng pada kalangan milenial. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-74, Artotel Surabaya mengadakan pameran dan latihan membatik di artspace yang berada di area lobbynya.

Lestari Parlan, Marketting Communication Artotel Surabaya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan serangkaian dari acara Pasar Malam Tempo Dulu.

"Ini pertama kalinya kami membuat kegiatan seperti ini. Berangkatnya dari keprihatinan kami terhadap minimnya animo masyarakat pada budayanya sendiri," ujarnya yang akrab disapa Tari itu.

BREAKING NEWS: Diduga Kaleng Cat Meledak Kena Sinar Matahari, Rumah Kosong di Malang Terbakar

CEO Qantas Sebut Pembaruan Lounge Merupakan Sebuah Investasi dan Upaya Peningkatan Pelayanan

Dalam kegiatan tersebut, salah satu pelatihan yang tidak biasa adalah membatik dengan media topeng kayu berkarakter wayang.

Untuk dapat mengikutinya, pengunjung perlu melakukan registrasi dua jam sebelum jam yang diinginkan dan membayar Rp 300 ribu.

"Jadi ada dua media untuk pelatihan membatik. Yaitu di kain persegi dan di topeng. Yang jarang kan membatik di atas media kayu ya, apalagi topeng," ujar Tari.

Pelatihan yang diadakan selama bulan Agustus itu, bekerja sama dengan Rumah Batik Surabaya. Bahan membatik, topeng kayu, kain, canting, cat dan malamnya pun telah disediakan.

Untuk membatik topeng, tambah Tari, juga dapat dilakukan dengan menggunakan kuas.

Hasil karya latihan membatik, baik yang menggunakan media topeng atau kain, nantinya dapat dibawa pulang oleh peserta.

Selain latihan membatik, pengunjung pun dapat melihat beberapa koleksi kain batik kontemporer dari Diah Gardenia Batik.

"Melalui kegiatan latihan membatik ini, kami berharapnya kepedulian warga surabaya terhadap budaya Indonesia bisa lebih besar," ungkap Tari.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved