Imigrasi Datangi Jemaah ke Daerah Demi Percepatan Paspor, Beri Soevenir

Makin ke sini layanan penerbitan paspor bagi calon jemaah haji (CJH) di Surabaya dan sekitarnya makin baik.

Imigrasi Datangi Jemaah ke Daerah Demi Percepatan Paspor, Beri Soevenir
TRIBUNJATIM.COM/PRADHITYA FAUZI
Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas 1 Tanjung Perak Surabaya, Romi Yudianto Melakukan Sosialisasi Paspor Pada Pemohon Paspor Haji Dan Umroh, Senin (5/3/2018) 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Makin ke sini layanan penerbitan paspor bagi calon jemaah haji (CJH) di Surabaya dan sekitarnya makin baik.

Tidak saja makin cepat sehingga memangkas waktu penerbitan dokumen ke Tanah Suci tersebut. Namun juga berdampak pada penuntasan visa lebih awal.

"Kalau biasanya seperti tradisi cerita visa jemaah yang belum kelar saat mereka tinggal terbang. Tahun ini karena paspor kita tuntaskan lebih awal sehingga pengurusan visa juga mengikuti tuntas lebih awal," Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya Barlian, Rabu (28/8/2019).

Paspor dan visa adalah satu rangkaian dalam penerbitan dokumen penting CJH terbang ke Arab Saudi itu. Paspor harus disertakan saat mengurus visa di Kedutaan Arab. Tahun ini menjadi rekor percepatan penerbitan paspor untuk CJH dari Surabaya dan sekitarnya.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya meliputi wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto. Semua CJH dari wilayah-wilayah ini dituntaskan paspor haji mereka lebih cepat dari waktunya.

"Petugas kami yang mendatangi jemaah di Kantor Kemenag daerah," jelas Barlian.

Kantor Imigrasi ini bekerja sama dengan Kemenag daerah untuk memproses paspor di daerahnya. Jemaah tak perlu ke Kantor Imigrasi Surabaya. Wawancara, sidik jari, dan pengambilan foto dilakukan di daerah. Ini yang mempercepat penerbitan paspor haji.

Imigrasi Bikin Nyaman Jemaah Haji

Tidak hanya menjamin penerbitan paspor lebih cepat dari waktunya, Imigrasi juga bisa menciptakan rasa nyaman CJH. Saat pelepasan kloter terakhir Embarkasi Surabaya, CJH dibesarkan hatinya oleh Kantor Imigrasi.

CJH merasa senang dan nyaman dibantu saat berada ndi Tanah Suci Mekkah. Mereka mendapat tempat sandal dan kipas plastik gratis. Sandal akan rentan hilang dan kipas bisa digunakan setiap saat karena di tamah suci relatif panas dan Sumuk.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved