Desa Wisata Papar Kediri Punya Budidaya Cacing, Gubernur Khofifah Minta Dijadikan Kapsul Cacing

Gubernur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Crop Circle Dewi Cemara Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri pada Kamis (29/8/2019).

Desa Wisata Papar Kediri Punya Budidaya Cacing, Gubernur Khofifah Minta Dijadikan Kapsul Cacing
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan desa wisata Crop Circle Dewi Cemara Desa Kedung Malang Kecamatan Papar Kediri. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Crop Circle Dewi Cemara Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri pada Kamis (29/8/2019).

Seusai meresmikan Crop Circle, Gubernur Khofifah mendapati ada sebuah potensi budidaya di Kecamatan Papar Kediri, yakni cacing dan jamur.

Menurut Gubernur Khofifah, wisata Papar sudah memiliki budidaya cacing dan juga budidaya jamur. Namun selama ini produk tersebut masih dijual mentah.

Artinya warga atau wisatawan yang datang berwisata kemudian sembari beli jamur yang baru dipanen atau membeli cacing dalam kondisi hidup swadanya.

(Khofifah Indar Parawansa: 20 Persen Pemuda Indonesia Ingin Ganti Pancasila)

"Saya ingin ada pola petik kemas olah jual. Bagaimana jamur itu dijual dalam bentik produk keripik, ucap Gubernur Khofifah pada Kamis (29/8/2019).

"Sekarang itu banyak saya temui keripik jamur dari Jepang, Thailand, saya temukan di Singapura. Nah kita ingin agar dari Desa Wisata Papar juga begitu, diolah dulu sebelum dijual," tambahnya.

Menurutnya, aksi tersebut dapat memberi nilai tambah pada produk hasil budidaya desa wisata cerdas masyarakathya (Dewi Cemara).

Sehingga ekonomi masyarakatnya juga akan terangkat dari pengembangan desa wisata.

Begitu juga dengan budidaya cacing tanah yang dikembangkan di Kecamatan Papar tersebut.

Saat ini cacing produksi warga kecamatan Papar hanya dijual mentah.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved