Modal Berani Mencoba dan Tidak Malu-malu, Kunci Sukses Pengusaha Sirip Ikan Hiu Asal Surabaya

Pengolahan sirip ikan hiunya, dilakukan di rumahnya yang berada di Kalijudan Madya, Surabaya. Agung dibantu oleh lima orang untuk produksi.

Modal Berani Mencoba dan Tidak Malu-malu, Kunci Sukses Pengusaha Sirip Ikan Hiu Asal Surabaya
hefty Suud/Tribunjatim.com
Agung Widodo, owner usaha rumahan pengolahan sirip ikan hiu di Surabaya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pernah menjadi kuli panggul, disebut Agung Widodo mengantarnya pada usaha rumahan pengolahan sirip ikan hiu.

Pengolahan sirip ikan hiunya, dilakukan di rumahnya yang berada di Kalijudan Madya, Surabaya. Agung dibantu oleh lima orang untuk produksi.

Ogah Dituduh Bela Nikita Mirzani saat Seteru, Hotman Paris: Saya Bolak-balik Bela Elza Syarief

Agung mengaku, ia memulai usaha dengan Rp 0. Kepercayaan dari juragan tempatnya bekerja sebagai kuli, membuat Agung bisa memulai usaha tersebut.

"Karena kinerja ya, saya dipercaya untuk mengambil sirip ikan hiu di sana, untuk diolah dan dipasarkan," ujar Agung Widodo kepada Tribunjatim.com.

Produk olahan sirip ikan hiu, dipilihnya untuk dikerjakan. Sebab saat itu, bidang tersebut terbilang jarang.

"Saya mulai itu tahun 1998. Nah waktu itu usaha sirip ikan hiu sebagai bahan baku atau mentah itu sudah banyak, yang belum ada yang di produk olahan," ujar Agung Widodo.

Belajar dari koki yang dikenalnya saat bekerja sebagai kuli, Agung mengolah sirip ikan hiu menjadi bentuk utuh dan hancuran.

Nasib Perempuan Pamekasan yang Dihamili Kekasihnya & Lapor Polisi, Dicekoki Miras & Dipaksa Gugurkan

Putaran Kedua Madura United Akan Bermain Di SGB Dan Delta Sidoarjo

Produk utuh berarti sirip ikan hiunya utuh, namun sudah dikuliti dan dimasak setengah matang. Sirip ikan hiu hancuran, berarti sudah diolah menjadi berbentuk menyerupai bihun.

"Awalnya ya coba-coba dulu. Supaya bisa mencoba, orang itu modalnya nggak boleh malu-malu. Dulu mungkin kalau saya malu jadi kuli, saya nggak bisa seperti sekarang," tutur sarjana ekonomi, lulusan tahun 1995, Universitas Tujuh Belas Agustus itu kepada Tribunjatim.com.

Sirip ikan hiu yang diolah Agung, didapatkan dari Lamongan sampai Indramayu. Produk olahannya, kata Agung, masih dipasarkan di dalam negeri, antara lain Surabaya, Jakarta, dan Bali.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved