BNPP Akhiri Masa Evakuasi KM Santika Nusantara Yang Tenggelam di Masalembu

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Jawa Timur menyisir KM Santika Nusantara yang tenggelam di Laut Masalembu, Sumenep Madura

BNPP Akhiri Masa Evakuasi KM Santika Nusantara Yang Tenggelam di Masalembu
SURYA/WILLY ABRAHAM
KM Santika Nusantara ditarik oleh Tug Boat Bima 333 di perairan Karang Jamuang Gresik, Senin (2/9/2019). 

 TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Jawa Timur menyisir KM Santika Nusantara yang tenggelam di Laut Masalembu, Sumenep Madura. Dari penyisiran tersebut tidak menemukan korban terbakar.

Ketua BNPP Jawa Timur Prasetyo Budiharto mengatakan, bahwa tim BNPP sudah menyisir beberapa bagian kapal. Mulai bagian middle deck, main deck forecastle deck dan bullwark (lantai dasar).

“Mulai kemarin kita sudah menyisir dari atas. Mulai ruang kemudi, anjungan dan kamar-kamar ABK (anak buah kapal). Di bawahnya ada kamar-kamar ABK dan penumpang.

Dibawah kita ini cap deck. Bullwafk deck masih panas,” kata Prasetyo Budiharto, saat di Posko bencana kapal terbakar di PT Indonesia Marina Shipyard (IMS), Sabtu (7/9/2019).

Dari data inventaris penumpang, jumlah penumpang ada 314 orang, terevakuasi ada 312 orang, selamat 308 orang, meninggal dunia 4 orang dan dalam pencarian 2 orang.

Jasad Hangus di Bangkai KM Santika Nusantara Dipastikan Pria, Polisi Ungkap Identitas Lewat Cek DNA

Jubir KPK Sayangkan Pernyataan Anggota DPR yang Akan Pilih Capim Pendukung Revisi UU

3 Kue Artis di Kota Malang yang Cocok untuk Oleh-oleh, Paling Murah Malang Strudel Milik Teuku Wisnu

“Kemarin kita temukan satu korban di cap deck samping mobil,” imbuhnya kepada Tribunjatim.com.

Lebih lanjut Prasetyo mengatakan dari musibah KM Santika Nusantara, Basarnas yang berganti nama BNNP sudah mengakhiri proses evakuasi korban kebakaran apal. Sebab, sesuai aturan sudah selesai dan sudah diperpanjang.

“Proses evakuasi sudah ditutup, sehingga barang kali nanti dari IMS saat membersihkan dalam kapal dan menemukan jasad korban kebakaran untuk koordinasi dengan BNNP. Nanti kita tetap koordinasi dengan Kepolisian untuk sama-sama identifikasi jasatnya,” imbuhnya kepada Tribunjatim.com.

Diketahui KM Santika Nusantara terbakar di laut Masalembu Sumenep Madura pada Kamis (22/9/2019) saat berlayar menuju Balikpapan Kalimantan Timur. (Sugiyono/Tribunjatim.com)

Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved