Plt Kepala BPPKAD Gresik Divonis 4 Tahun Penjara, Terancam Dipecat Dari ASN

Badan kepegawaian daerah kabupaten Gresik masih menunggu kepastian hukum terhadap terdakwa mantan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pendapatan,

Plt Kepala BPPKAD Gresik Divonis 4 Tahun Penjara, Terancam Dipecat Dari ASN
sugiyono/surya
Terdakwa M Mukhtar meninggalkan ruang sidang usai divonis hukuman selama 4 Tahun penjara, Kamis (12/9/2019). 

 TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Badan kepegawaian daerah kabupaten Gresik masih menunggu kepastian hukum terhadap terdakwa mantan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Gresik M Mukhtar.

Kepala BKD Kabupaten Gresik Nadlif mengatakan bahwa, BKD menunggu upaya banding dari terdakwa M Mukhtar. Sebab, dari putusan Pengadilan Tipikor Surabaya belum inkrah sehingga belum mempunyai kekuatan hukum tetap.

"Nunggu apakah yang bersangkutan banding," kata Nadlif, dengan singkat melalui telepon selulernya, Jumat (13/9/2019).

Menurut Nadhlif, selama tahun 2019 sudah ada 6 orang PNS yang mendapat punishment dari Bupati Gresik. “Mereka adalah ASN (Aparatur sipil negara) yang melanggar aturan dan tidak disiplin sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomer 53 tahun 2010,” tegas Nadhlif.

Sebelumnya, Nadlif juga mengatakan bahwa para aparatur ASN yang terkena terjerat kasus korupsi akan diberhentikan secara tidak hormat.

"PNS yang terkait pidana tipikor (Tindak pidana korupsi) dan penyalahgunaan kewenangan, maka setelah putusan pengadilan, akan dikenakan pemberhentian tidak dengan hormat," imbuhnya.

Didi Kempot Ramaikan Jazz Traffic Festival di Atlantis Land, Kolaborasi Musik Campursari dan Jazz

Kasus OTT di BPPKAD Gresik, Majelis Hakim Tipikor Surabaya Perintahkan Jaksa Kembangkan Kasusnya

Cabuli 19 Anak di Bawah Umur Selama 11 Tahun, Pengepul Rongsokan di Tulungagung Dikeler Polda Jatim

Para PNS di Kabupaten Gresik yang telah mendapatkan sanksi tersebut yaitu, seorang PNS diberhentikan tidak dengan hormat, seorang PNS diberhentikan sementara, 3 orang PNS diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri dan seorang PNS dibebaskan dari jabatan eseleon IV nonjob.

“Khusus untuk PNS yang diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri, mereka masih punya kesempatan punya hak pensiun dengan syarat saat diberhentikan tersebut berusia diatas 50 tahun dan masa kerja diatas 20 tahun," tutur Nadhlif.

Selama ini, beberapa pejabat yang terjerat kasus korupsi yaitu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dr Nurul Dholam divonis Tipikor hukuman selama 4 tahun penjara, mantan Kepala Dinas pemuda dan olahraga Kabupaten Gresik Jaeruddin dihukum setahun dan Plt Kepala BPPKAD sekaligus sekretaris BPPKAD Kabupaten Gresik M Mukhtar dihukum 4 tahun.

PNS pelanggar peraturan pemerintah (PP) nomor 53 tahun 2010, yaitu bagi PNS yang selama 46 hari dalam setahun, tidak secara berturut-turut tanpa adanya keterangan yang sah maka akan dijatuhi sanksi kedisiplin berat. (Sugiyono/Tribunjatim.com)

Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved