Jokowi Tak Terbitkan Perppu KPK, Mahasiswa di Surabaya Ancam Kembali Datangi DPRD Jatim

Aksi ribuan mahasiswa di gedung DPRD Jawa Timur bukanlah aksi tunggal. Bahkan, mahasiswa mengancam akan kembali menggeruduk DPRD Jatim di Surabaya

Jokowi Tak Terbitkan Perppu KPK, Mahasiswa di Surabaya Ancam Kembali Datangi DPRD Jatim
TRIBUNJATIM.COM/NUR IKA ANISA
Bertajuk Surabaya Menggugat, aksi ribuan mahasiswa di depan Kantor DPRD Jatim diwarnai injak kawat duri memaksa masuk gedung, Rabu (25/9/2019). 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Aksi ribuan mahasiswa di gedung DPRD Jawa Timur bukanlah aksi tunggal. Bahkan, mahasiswa mengancam akan kembali menggeruduk Gedung yang berada di Jalan Indrapura, Surabaya, dengan masa yang labih banyak.

Hal ini disampaikan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag) Surabaya, Agus Supriyanto.

"Kami tetap terus melakukan aksi selama tak ada penertiban Perppu pembatalan UU KPK," kata Agus di konfirmasi seusai aksi.

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang dimaksud adalah regulasi yang membatalkan UU KPK yang baru disahkan oleh DPR RI beberapa waktu lalu. Penerbitan Perppu menjadi salah satu tuntutan peserta aksi.

"Itu tuntutan kami. Sisanya, kami tahu (RUU) sudah dibatalkan oleh Presiden. Selain kepada presiden, kami juga mendesak DPR membatalkan UU KPK," katanya.

Apabila Perppu tersebut tak segera diterbitkan, maka pihaknya akan kembali turun ke jalan dengan masa aksi yang lebih besar. "Ketika itu masih belum diterbitkan, kami akan kembali turun dengan masa yang lebih banyak, tegasnya.

Ratusan mahasiswa dari Untag turut hadir pada aksi yang berlangsung siang hari ini. Selain Untag, hadir pula mahasiswa dari universitas lain pada aksi yang bergerak di depan Gedung DPRD Jatim.

Ibu di Lamongan Sujud Syukur Mobilnya yang Hilang Berhasil Ditemukan Polisi

2 Pria Lagi Transaksi Pil Koplo di Tempat Pelelangan Ikan, Polisi Lamongan Keburu Ciduk & Masuk Bui

Gagal Kontrak Alfred Riedl, Persebaya Surabaya Pilih Angkat Wolfgang Pikal Jadi Pelatih Kepala

Berbagai elemen yang hadir berasal dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Wijaya Kusuma (UWK), Universitas 17 Agustus 45 (Untag), Universitas Dr Soetomo (Unitomo), dan berbagai universitas lainnya.

Untuk diketahui, ribuan mahasiswa dari sejumlah universitas di Surabaya baik negeri maupun swasta menggelar aksi di depan DPRD Jatim, Rabu (25/9/2019). Mereka membawa sejumlah tuntutan.

Di antaranya, mendesak pemerintah menerbitkan Perppu untuk membatalkan UU terkait KPK. Lalu, membatalkan pengesahan RUU KUHP, serta menolak RUU ketenagakerjaan yang tidak berpihak kepada rakyat dan pribumi. (bob/Tribunjatim.com)

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved