Karhutla, Jatim Kirimkan Bantuan Masker dan Makanan Kaleng untuk Jambi

Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengirimkan bantuan khusus untuk Provinsi Jambi yang sedang terserang bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Karhutla, Jatim Kirimkan Bantuan Masker dan Makanan Kaleng untuk Jambi
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan simbolis masker ke perwakilan tagana Jambi secara simbolis saat Gala Dinner Jambore dan Bakti Sosial Tanaga Nasional di Grahadi, Rabu (25/9/2019) malam. 

 TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengirimkan bantuan khusus untuk Provinsi Jambi yang sedang terserang bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Bantuan tersebut diserahkan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ke perwakilan tagana Jambi secara simbolis saat Gala Dinner Jambore dan Bakti Sosial Tanaga Nasional di Grahadi, Rabu (25/9/2019) malam.

Bantuan yang diserahkan untuk warga masyarakat Jambi adalah masker N95 yang memiliki daya saring polutan lebih baik dibandingkan masker biasanya. Bantuan masker yang diberikan lebih dari satu juta masker.

Selain itu Pemprov Jawa Timur juga megirimkan bantuan berupa makanan kaleng sebanyak 7.500 buah yang diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat yang sedang kesulitan mendapatkan bahan makanan.

"Semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat di sana," kata Khofifah kepada Tribunjatim.com.

Jawa Timur Kirim Masker dan 7500 Makanan Kaleng untuk Warga Terdampak Karhutla

Luncurkan Koleksi Musim Gugur 2019, Brand Tas Coach Hadirkan Warna dan Gaya Baru

Sementara itu, Khofifah menyampaikan bahwa kegiatan mengajak segenap warga Jawa Timur untuk menyukseskan Jambore dan Bakti Sosial Tagana Nasional, yang berlangsung 25-28 September 2019 di Jawa Timur.

Khofifah menyampaikan rasa bangga dan terimakasih Jawa Timur menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan Jambore Nasional TAGANA tahun 2019. Kegiatan ini berlangsung di tiga titik di Kabupaten Pasuruan yakni di Graha Wilwatikta Kecamatan Pandaan, Danau Ranu Grati Kecamatan Grati, dan Lautan Pasir Taman Nasional Gunung Bromo.

"Selama sepekan ini Jawa Timur akan menjadi tuan rumah bagi hadirnya 350 personel Tagana dari 34 provinsi, perwakilan Pengurus Kampung Siaga Bencana (KSB) se-Jawa Timur, relawan-relawan kemanusiaan, delegasi negara-negara ASEAN, dan tentu saja 1.600 Tagana Jawa Timur," terang Khofifah kepada Tribunjatim.com.

Dikatakan Khofifah, untuk menyambut pelaksanaan Jambore, Tagana Jawa Timur telah merintis berbagai kegiatan dengan melibatkan masyarakat aktif dalam pengurangan risiko bencana.

"Di antaranya mendirikan Kampung Siaga Bencana dan menyelenggarakan kegiatan Tagana Masuk Sekolah serentak di berbagai sekolah di kota dan kabupaten se-Jawa Timur," katanya kepada Tribunjatim.com.

Di sisi lain Kepala BPBD Provinsi Jawa Timur Subhan mengatakan bahwa bantuan ini nantinya akan didistribusikan untuk warga masyarakat di Jambi. Pengiriman akan dilakukan langsung dan diserahkan kepada masyarakat.

"Pertama masker. Kedua kami tambahkan makanan kaleng. Karena kalau di wilayah bencana yang sering ditemui orang menjual makanan itu susah. Maka kita harap makanan kaleng juga bisa menjawab kebutuhan makanan di sana," tambah Subhan.(Fatimatuz zahroh/Tribunjatim.com)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved