Putaran Akhir, Tour de Banyuwangi Ijen Lahirkan Juara Baru

International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019, melahirkan juara baru. Robbie Hucker dari Team UKYO, Jepang ditetapkan sebagai juara ITdBI 2019.

Putaran Akhir, Tour de Banyuwangi Ijen Lahirkan Juara Baru
Surya/Haorrahman
Robbie Hucker dari Team UKYO, Jepang ditetapkan sebagai juara ITdBI 2019. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019, melahirkan juara baru. Robbie Hucker dari Team UKYO, Jepang ditetapkan sebagai juara ITdBI 2019.

Di peringkat kedua menjadi milik pembalap St George Continental Cycling Team, Australia, Michael Vink. Sementara peringkat ketiga diraih Jesse Ewart, dari Team Sapura Cycling, Malaysia.

Meskipun di etape keempat atau terakhir, Sabtu (28/9), Hucker finish di urutan ke-8, cukup buat pembalap asal Australia tersebut menjadi juara ITdBI 2019.

Di etape terakhir yang menempuh jarak 129.9 kilometer, pembalap dari Kinan Cycliny Team, Jepang menjadi pembalap pertama yang melintasi garis finish, dengan waktu 3 jam 47 menit 51 detik. Di peringkat kedua ditempati Amir Kolahdozhagh (Taiyuan Miogee Cycling Team), dan posisi ketiga diraih Benjamin Prades (Team UKYO).

Etape empat mengambil start dari Pasar Purwoharjo menuju finish di kaki Gunung Ijen. Etape ini melewati medan mendatar hingga 100 kilometer awal. Pembalap disuguhi tiga titik sprint di Genteng, Srono, dan di depan SMPN 1 Banyuwangi.

Setelah itu jalanan mulai naik sejak di Boyolangu. Ada dua titik King of Mountain (KOM) yang harus ditaklukkan para pembalap. Kedua spot itu berada di Jambersari (Kategori 4), dan Kalibendo (Kategori 3).

Berkunjung ke Museum Football Faentasium di Korsel, Risma Bakal Bangun Museum Olahraga di Surabaya

Persaingan Keras, Juara Tour de Banyuwangi Ijen Ditentukan di Etape Terakhir

Selepas itu para pembalap melalui ‘jalur neraka’ menuju Paltuding, Gunung Ijen. Rider akan ditantang untuk menaklukkan tanjakan tipe hors categorie (HC), atau yang paling berat. Panjangnya 25 kilometer. Inilah tantangan terberat, sekaligus penentuan siapa juara ITdBI tahun ini.

Sementara Hucker di urutan kedelapan terpaut 2 menit 50 detik dari Lebas. Namun dari catatan waktu di tiga etape sebelumnya, Hucker jauh lebih unggul dari Lebas. Hucker naik ke posisi pertama dalam general classification kategori pembalap.

“Saya senang bisa mendapatkan yellow jersey, sekaligus menjadi pemenang di sini. Saya berulang kali datang ke Indonesia. Akan tetapi, saya baru pertama kali ini datang ke Banyuwangi,” ucapnya.

Thomas Lebas mengaku tak kecewa dengan hasil ini. Ini karena jarak waktu antara dia dan Hucker terpaut jauh.
“Saya memang tidak berharap mendapatkan jersey kuning. Sebab gap waktu antara saya dengan Robbie memang terlalu jauh,” kata Lebas.

Di klasemen Lebas hanya menempati posisi keempat. Predikat pembalap Indonesia terbaik (Red and White Jersey) di ITdBI 2019 diraih, Aiman Cahyadi dari PGN Road Cycling Team.

“Padahal target saya adalah mencari poin di sini. Tetapi masuk sepuluh besar saja tidak. Meski demikian saya tetap bersyukur karena menjadi juara di stage kedua,” kata pembalap kelahiran Bandung itu. (Haorrahman)

 

Penulis: Haorrahman
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved