UPDATE Kebakaran Pabrik Plastik di Kabupaten Mojokerto, Kerugian Ditaksir Sampai Miliaran Rupiah

Kebakaran hebat yang menghanguskan Pabrik PT Surya Santosa Plast Indonesia akhirnya dinyatakan padam.

UPDATE Kebakaran Pabrik Plastik di Kabupaten Mojokerto, Kerugian Ditaksir Sampai Miliaran Rupiah
SURYA/FEBRIANTO RAMADANI
Gudang pabrik plastik di Jalan Raya Mojosari Trawas, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, terbakar, Jumat (4/10/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Kebakaran hebat yang menghanguskan Pabrik PT Surya Santosa Plast Indonesia di Dusun Seruni, Desa Banjartanggul, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto, Jumat (4/10/2019) pukul 13.00 Wib, akhirnya dinyatakan padam pada pukul 00.00 Wib.

Kendati demikian, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini, mengatakan, pihaknya masih melakukan pembahasan agar tidak muncul titik api baru di kawasan tersebut.

"Api sudah dapat dikendalikan, namun PMK BPBD Kabupaten Mojokerto sampai saat ini masih di lokasi kejadian untuk melakukan proses pembasahan. Lokasi yang terbakar adalah petak 15 dan 11. Luas petak 15 itu 4 hektar dan luas petak 11 adalah 1 hektar," ungkapnya Sabtu (5/10/2019).

BREAKING NEWS - Gudang Pabrik Plastik di Mojokerto Terbakar, Petugas Masih Berjibaku Padamkan Api

Rizal, Humas BPBD Kabupaten Mojokerto, menjelaskan, tercatat beberapa armada dari Mojokerto Raya dan luar daerah ikut serta memadamkan kebakaran tersebut.

"4 Unit Mobil PMK BPBD Kabupaten Mojokerto,1 Unit PMK Dragon, 1 Unit PMK Kota, 1 Unit PMK Gama, 2 Unit PMK Krian Sidoarjo, 1 Unit PMK Sopanusa, 1 Unit PMK Pakerin, 3 Unit Water Supply Milik Air minum Trawas, 1 Unit PMK Porong, 2 Unit PMK Pasuruan,1 Water Supply PMI, 1 Water Supply DLH, 1 Water Supply PU Cipta Karya, 1 Unit truk tangki LPBI-NU, 1 Unit armada PMK Jombang dan 1 Unit water supply," terangnya Sabtu (5/10/2019).

Sementara itu, Kapolsek Pungging, AKP Suwiji mengatakan, api bermula terlihat dari salah satu gudang penyimpanan bahan jadi ember yang bahan bakunya terbuat dari plastik dan karton oleh salah satu karyawan Erico pukul 12.45 WIB.

Kepergok Menuntun Kabur Sepeda Motor Orang Lain, Pria Mojokerto Jadi Tahannan Polsek Krian

Kemudian, Erico melaporkannya ke security. Selanjutnya pihak Security menghubungi kantor PMK Kabupaten Mojokerto untuk meminta bantuan pemadaman kobaran api.

"Karena cuaca cukup panas disertai angin, api cepat menjalar membakar seisi gudang yang berisi alat-alat rumah tangga yang bahan bakunya terbuat dari plastik yang mudah terbakar," ujarnya Sabtu (5/10/2019).

AKP Suwiji menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Jumlah kerugian yang diderita diperkirakan mencapai Miliaran Rupiah.

"Kurang lebih kerugian kebakaran mencapai 10 Miliar Rupiah," terangnya.

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved