2 Jukir Liar di Kota Malang Ditangkap, Dishub Janji Derek Kendaraan yang Diparkir Liar Tahun Depan

Puluhan mobil dan sepeda motor yang parkir liar di sejumlah jalan protokol di Kota Malang ditertibkan oleh petugas pada Rabu (30/10/2019).

SURYA/RIFKY EDGAR
Petugas Dinas Perhubungan kota Malang saat menertibkan parkir liar di sejumlah jalan protokol yang ada di kota Malang, Rabu (30/10/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, KLOJEN - Puluhan mobil dan sepeda motor yang parkir liar di sejumlah jalan protokol di Kota Malang ditertibkan oleh petugas pada Rabu (30/10/2019).

Operasi penertiban parkir liar tersebut digelar oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Satpol PP dan TNI/Polri di empat jalan protokol yang biasanya dijadikan tempat parkir sembarangan.

Di antaranya di Jalan Merdeka Timur, depan Stasiun Kota Malang, Jalan Veteran, dan di Jalan Kawi (samping MOG).

"Sasaran kami adalah driver ojek online yang parkir atau memberhentikan kendaraannya tidak pada tempatnya," ucap Kabid Daltib dan Plt Kabid Parkir Dishub Kota Malang, Mustaqim Jaya

(RSUD Soewandhie akan Segera Dapat gedung Parkir, Tak Perlu Lagi Nebeng Parkir di Mall)

Tak hanya menertibkan kendaraan saja, Dishub Kota Malang juga mengamankan dua orang Juru Parkir  liar yang terbukti menarik retribusi liar di tempat yang belum terdaftar di Dishub.

"Ada dua orang tadi, satu orang atas nama Rudi dibawa ke Polresta. Mereka kami amankan karena menarik restribusi liar dan termasuk masuk pungli. Mereka kena tipiring," ucapnya.

Dalam operasi tersebut, Dishub hanya menghalau dan memperingatkan para pengendara.

Puluhan pengendara diminta parkir di tempat yang telah disediakan.

Para pengendara banyak yang tidak mempedulikan rambu-rambu larangan parkir dan marka jalan yang telah terpasang di pinggir jalan.

"Kegiatan ini akan rutin kami lakukan setiap seminggu dua kali. Sementara ini tindakan yang lakukan hanya persuasif saja. Nanti kami akan ajak Polantas agar bisa langsung di tindak," ucapnya.

(Semua Lokasi Parkir di Sidoarjo Akan Dipasangi CCTV, Pantau Pelayanan Jukir dan Keamanan Kendaraan)

Dalam memaksimalkan penertiban parkir liar ini, pada tahun 2020 nanti, Dishub Kota Malang juga telah melakukan pengadaan satu mobil derek dan kunci ban.

Dishub telah menganggarkan pengadaan tersebut senilai Rp 1,9 Miliar di APBD tahun 2020.

"Tahun ini memang kami hanya memperingatkan saja. Tapi untuk tahun depan yang parkir liar akan langsung kami kunci bannya, atau perlu kami derek. Kami nanti juga akan berkoordinasi dengan Polantas Polres Malang Kota," tandasnya.

(Jukir di Ngagel Surabaya Nyambi Jualan Sabu, Diringkus Polisi saat Menyamar Pura-pura Jadi Pembeli)

Penulis: Rifki Edgar
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved