Museum HAM Munir Didanai APBD Pemprov Jatim Rp 5 M, Khofifah Minta Ada Teknologi Augmented Reality

Khofifah Indar Parawansa melakukan peletakan batu pertama pembangunan Museum HAM Munir di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Museum HAM Munir Didanai APBD Pemprov Jatim Rp 5 M, Khofifah Minta Ada Teknologi Augmented Reality
SURYA.CO.ID/FATIMATUS ZAHROH
Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan peletakan batu pertama pembangunan Museum HAM Munir di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Minggu (8/12/2019) siang. 

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Jelang sehari peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) internasional yang diperingati setiap tanggal 10 Desember, Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan peletakan batu pertama pembangunan Museum HAM Munir di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Minggu (8/12/2019) siang.

Museum tiga lantai yang diinisiasi oleh istri almarhum aktivis HAM Munir, Suciwati, bersama Yayasan Museum HAM Omah Munir, dibangun dengan semangat supaya masyarakat bisa memiliki tempat tempat referensi yang menjadi mendapatkan literasi terkait HAM dan penegakkannya di Indonesia.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan dana APBD untuk pembangunan Museum HAM Munir ini.

Dari total kebutuhan pembangunan sekitar Rp 10 miliar, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyalurkan anggaran sebesar Rp 5,2 miliar di APBD Jawa Timur Tahun Anggaran 2020.

Daftar Susunan Pemain PSIS Semarang Vs Arema FC Liga 1 2019

"Rencana pembangunan museum ini sudah lama disampaikan ke kami, saat itu disampaikan bahwa kebutuhan anggaran untuk pembangunan museum itu sekitar Rp 5 miliar. Maka yang diplot di APBD 2020 ya senilai itu," kata Khofifah Indar Parawansa saat memberikan keterangan pada media.

Namun, sebelum acara peletakan batu pertama dilakukan, disampaikan bahwa ada pengembangan dan maksimalisasi rencana pembangunan yang membuat kebutuhan anggaran bertambah menjadi Rp 10 miliar.

Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, kekurangan biaya pembangunan museum Museum HAM Munir akan dibahas lebih lanjut.

Namun, ia menegaskan bahwa anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah terplot di APBD 2020.

Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan peletakan batu pertama pembangunan Museum HAM Munir di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Minggu (8/12/2019) siang.
Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan peletakan batu pertama pembangunan Museum HAM Munir di Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Minggu (8/12/2019) siang. (SURYA.CO.ID/FATIMATUS ZAHROH)

Soroti Ujian Madrasah Bermuatan Khilafah, Cucu Bung Karno Pertanyakan Kinerja Kanwil Kemenag Jatim

"Ya nanti kita bahas kekurangannya, tapi yang sudah digedok di APBD kita ya Rp 5 miliar tersebut. Tapi Insyallah dengan anggaran itu paling tidak sudah bisa dibangun sampai mana dulu," ucap Gubernur perempuan pertama Jawa Timur ini. Kemungkinan kekurangan dana bisa ditopang dari dana CSR.

Dalam kegiatan ground breaking tersebut Khofifah Indar Parawansa memiliki rekomendasi khusus untuk bisa dimasukkan dalam Museum HAM Munir kelak.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved