Natal dan Tahun Baru 2020

Hari Raya Natal, Jumlah Penumpang Bandara Juanda Alami Penurunan

Libur Hari Raya Natal, jumlah penumpang Bandara Juanda alami penurunan.

Tribunjatim/kukuh kurniawan
Kondisi Terminal 1 (T1) Bandara Juanda pada Rabu (25/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Libur Hari Raya Natal, jumlah penumpang Bandara Juanda alami penurunan.

Seorang penumpang tujuan Surabaya Balikpapan, Charles mengatakan kondisi bandara pada hari Natal ramai lancar.

"Tidak ada lonjakan atau penumpang yang memadati area bandara. Berbeda pada beberapa tahun lalu, biasanya kalau saat momen natal seperti ini penumpang sudah terlihat berjubel saat mau masuk ke area keberangkatan," ujarnya kepada TribunJatim.com, Rabu (25/12/2019).

Communication & Legal Section Head PT Angkasa Pura I Juanda, Yuristo Ardhi Hanggoro menjelaskan, berdasarkan data yang dimilikinya memang terjadi adanya penurunan penumpang.

"Dari data pada H -1 natal atau tanggal 24 Desember, jumlah total penumpang baik yang berangkat maupun datang dengan penerbangan domestik atau internasional mencapai 48.877 penumpang atau mengalami penurunan 4 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 51.059 penumpang. Hal yang sama juga terjadi pada jumlah pergerakan pesawat," ujarnya kepada TribunJatim.com,

Ia menjelaskan dari data tersebut, jumlah pergerakan pesawat pada H-1 Natal baik datang maupun berangkat hanya 373 penerbangan atau turun 3 persen dibandingkan tahun lalu yang berada di angka 386 penerbangan.

"Sehingga selama periode masa angkutan natal dari tanggal 19 Desember hingga 24 Desember, total jumlah pergerakan penumpang pada tahun ini 344.107 penumpang atau turun tujuh persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 370.985 penumpang. Untuk pergerakan kargo Bandara Juanda di periode yang sama juga mengalami penurunan mencapai 32 persen. Dimana pada tahun lalu 2.288.235 kilogram kargo namun saat ini hanya 1.561.375 kilogram," terangnya kepada Tribunjatim.com.

Liburan Sekolah, 80 Anak Ikuti Khitan Massal di RS PHC Surabaya

Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini Kamis (26/12/2019) di Jawa Timur, Potensi Hujan Intensitas Lebat

TERPOPULER: Wanita Madura Hamil dan Lumpuh Tewas Dipukuli Suami hingga Pemain Persebaya Dirombak

Pihak Bandara Juanda sendiri pun telah memprediksi bahwa akan terjadi penurunan di musim Natal dan Tahun Baru 2020 ini.

General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Juanda, Heru Prasetyo saat ditemui TribunJatim.com ketika membuka posko pelayanan terpadu pada Kamis (19/12/2019) menerangkan bahwa tren penurunan ini tidak hanya dialami Bandara Juanda saja namun juga mayoritas bandara di Indonesia.

Dirinya saat itu menjelaskan, dibandingkan dengan periode natal dan tahun baru sebelumnya, maka natal dan tahun baru 2020 diprediksi pergerakan penumpang sejumlah 873.178 atau turun sebesar 4,87%. Sementara jumlah pergerakan pesawat juga diperkirakan sejumlah 6.581 atau mengalami penurunan sebanyak 5,72 %.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved