Air Hujan Bisa Sebabkan Motor Rusak Berkarat, Jangan Lewatkan Perawatan 3 Komponen Ini, Penting!

Air hujan ternyata punya kadar zat asam. Area service development Yamaha Jatim jelaskan pentingnya rajin lakukan perawatan motor saat musim hujan.

Air Hujan Bisa Sebabkan Motor Rusak Berkarat, Jangan Lewatkan Perawatan 3 Komponen Ini, Penting!
TRIBUNJATIM.COM/Fikri Firmansyah
Pengendara motor berkendara di saat hujan. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Air hujan ternyata memiliki kadar zat asam, meskipun warnanya bening menyerupai air mineral.

Maka dari itu saat motor terkena hujan, komponen-komponen pentingnya misal rantai, kampas rem, cakram rem atau piston cakram rem bisa rusak serta mudah berkarat.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Area Service Development PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha Jatim), Abdul Majid.

Watak Pemain Tukang Ojek Pengkolan saat Diajak Fans Foto di Lokasi Syuting Diungkap YouTuber

Pembalap MotoGP Valentino Rossi Ingin Kendarai Motor Milik Repsol Honda Lagi Jika Ada Kesempatan

"Saat musim hujan komponen penting pada motor seperti rantai, kampas rem, cakram rem atau piston cakram rem sebaiknya agar lebih diperhatikan perawatannya supaya tidak rusak," kata Majid kepada TribunJatim.com, Kamis (9/1/2020) di bengkel resmi Yamaha Jalan Dupak Surabaya.

Dikatakannya, rantai sangat rentan sama karat, jadi kalau yang punya motor tidak rajin lakukan perawatan, siap-siap rantai motor karatan dan tidak bisa bekerja maksimal.

"Selain membersihkan rantai agar tidak karatan, saat musim hujan sudah tiba, juga perlu mengencangkan setelan dan melumasi rantai. Hal ini perlu dilakukan secara rutin," tambahnya.

VIRAL YouTuber Ajukan Proposal Endorse Liburan ke Amerika untuk 20 Orang, Ini Klarifikasi Atta

Abdul Majid selaku Area Service Developmemt PT Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha Jatim saat ditemui TribunJatim.com di bengkel resmi Yamaha, Jalan Dupak Surabaya. Kamis (9/1/2020).
Abdul Majid selaku Area Service Developmemt PT Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha Jatim saat ditemui TribunJatim.com di bengkel resmi Yamaha, Jalan Dupak Surabaya. Kamis (9/1/2020). (TRIBUNJATIM.COM/Fikri Firmansyah)

PREVIEW Love With Flaws Episode 25-26, Lee Kang Woo Dibuat Makin Gundah Gulana

Tidak hanya memperhatikan perawatan rantai saja, lebih lanjut Majid menerangkan, memperhatikan perawatan kampas rem dan piston cakram rem juga perlu, bahkan sangat penting saat memasuki musim hujan.

Saat ditanyai mengapa perlu memperhatikan perawatan kampas rem dan piston cakram rem saat musim hujan? Majid mengatakan, karena kampas rem terbuat dari asbes, jika terkena air akan menimbulkan gelembung yang akan mengeras saat kering.

"Jadi setiap selesai mencuci motor, sebaiknya sering-sering menginjak pedal rem supaya kampas cepat kering dan rem motor tidak keras saat diinjak. Sedangkan untuk rem cakram, sebaiknya rajin dibersihkan juga. Hal ini karena rem cakram bersifat terbuka, jadi ketika kamu menerjang genangan air, kotoran bisa nempel," jelasnya

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved