Banjir dan Tanah Longsor di Mojokerto

Dua Ekskavator Datang, Buka Akses Jalan Pacet Mojokerto dari Longsor, Pemkab: Malam Ini Harus Bersih

Dua Ekskavator Datang, Buka Akses Jalan Pacet Mojokerto dari Longsor, Pemkab: Malam Ini Harus Bersih.

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Sudarma Adi
SURYA/MOHAMMAD ROMADONI
Dua unit alat berat Excavator dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mojokerto dikerahkan untuk mengevakuasi material longsoran tebing di Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Jumat (7/2/2020). 

Dua Ekskavator Datang, Buka Akses Jalan Pacet Mojokerto dari Longsor, Pemkab: Malam Ini Harus Bersih

TRIBUNMOJOKERTO.COM, PACET - Dua alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mojokerto dikerahkan untuk membuka akses jalan Claket-Trawas yang terputus akibat tertimbun material longsor tebing setinggi 30 meter di Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Jumat (7/2/2020).

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto Bambang Purwanto menjelaskan pihaknya sudah menerima permohonan bantuan berupa alat barat untuk mengevakuasi material longsor di Claket, Kecamatan Pacet.

Kendaraan truk yang membawa alat berat sudah berada di lokasi tanah longsor.

Hujan Deras Hingga 4 Jam Sebabkan Banjir dan Tanah Longsor di 4 Lokasi Berbeda di Mojokerto

Evakuasi Material Longsor di Pacet Mojokerto Berjalan Lama, Terkendala Tiadanya Alat Berat

BREAKING NEWS - Hujan Deras Sebabkan Banjir dan Tanah Longsor di Pacet Mojokerto

"Kami datangkan dua unit alat berat ekskavator dari Desa Made Kecamatan Pacet yang sekarang sudah tiba di lokasi," ujarnya saat dikonfirmasi TribunJatim.com melalui sambungan telepon, Jumat (7/2/2020).

Ia mengatakan dua unit alat berat itu dioperasikan oleh operator dari Dinas PUPR untuk membantu menyingkirkan material longsor berupa tanah bercampur batu berukuran besar tersebut. Mereka berupaya pembersihan material longsor ini akan selesai pada malam ini.

"Kami upayakan bisa membersihkan material longsor ini secepatnya paling tidak akses jalan bisa dibuka kembali normal," ungkapnya.

Ditambahkannya, ada dua titik longsor yang terparah di Desa Claket. Sedangkan material longsor hanya menimbun sebagian jalan raya di Desa Cempoko Limo dan bisa dilewati kendaraan roda empat secara bergantian.

"Kami prioritaskan untuk membantu penanganan bencana alam tanah longsor di Pacet," tandasnya.

Seperti yang diberitakan, sejumlah alat berat akan didatangkan untuk membuka akses jalan Claket-Trawas yang tertutup timbunan material longsoran tebing setinggi 30 meter di Dusun Mligi, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Pasalnya, timbunan material longsor setebal satu setengah meter ini bisa dilakukan dengan cepat dengan menggunakan alat berat.

Sebelumnya, mereka menggunakan alat seadanya berupa Cangkul dan Sekrop untuk menyingkirkan material tanah bercampur akar pohon.

Atas permintaan Kepala Desa Claket, Umbar Mulyadi pihaknya sudah meminta bantuan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mojokerto untuk meminjam alat berat berupa Excavator.

Akses jalan yang curam di Desa Claket dan kondisi gelap ditengarai menjadi kendala untuk kendaraan yang mengangkut alat berat menuju ke lokasi longsor.

Saat ini, petugas gabungan dari TNI/ POLRI bersama anggota TRC Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto dan masyarakat masih membersihkan material longsor yang menutup akses jalan tersebut.

Penulis : Mohammad Romadoni

Editor : Sudarma Adi

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved