Sambil Menangis! Susilo Bambang Yudhoyono Ungkap Alasan Bangun Museum dan Galeri SBY-Ani di Pacitan

Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan alasan di balik inisiasinya mendirikan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan.

TRIBUNJATIM.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melakukan groundbreaking pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan, Sabtu (22/2/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, PACITAN - Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan alasan di balik inisiasinya mendirikan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan yang hari ini, Sabtu (22/2/2020), dilakukan groundbreakingnya.

SBY mengatakan bahwa inspirasinya mendirikan museum di daerah kelahirannya diinspirasi dari para presiden di Amerika yang juga mendirikan museum kepresidenan.

Mulai dari Harry S Truman, Dwight D Eisehower, Bill Clinton hingga George Walker Bush.

Ke empat museum kepresidenan di Amerika itu sudah ia kunjungi bersama mendiang sang istri dan juga anak cucunya.

"Dari situ saya dapat inspirasi. Dan setelah itu saat saya di Singapura, mendampingi ibu Ani selama 4 bulan untuk menjalani pengobatan, kami berbincang-bincang," kata SBY.

Warga Perumahan BTN Rejomulyo Kediri Dibuat Geger dengan Penemuan Bayi Laki-Laki di Garasi Mobil

Kerjasama dengan MS Glow For Men, Arema FC Dapat Hadiah Bus Pemain

Dua Gadis Surabaya Ditabrak Isuzu Panther, Satu di Antaranya Patah Tulang, Pengemudi Masih Diperiksa

Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melakukan groundbreaking pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan, Sabtu (22/2/2020).
Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melakukan groundbreaking pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan, Sabtu (22/2/2020). (TRIBUNJATIM.COM/FATIMATUZ ZAHROH)

Polisi Amankan Dua Orang Terkait Kasus Pembunuhan Janda Kaya Pemilik Rumah Kos di Tulungagung

Momen Risma Nobar Film Kisah Persahabatan Pendiri Muhammadiyah dan NU, Ini Pesan Sang Wali Kota

Asyik Main Judi Sambil Nyabu, Dua Pria Tua Ditangkap Polsek Pabean Cantikan di Bilik Jalan Pergiwati

Dalam obrolan itu SBY diingatkan oleh Ani terkait rencananya membangun museum di Pacitan dan mendesak SBY agar segera merancang dan menyusun perwncanannya. Mendirikan museum itu adalah impian SBY dan Ani.

"Di rumah sakit hampir setiap hari kami diskusikan, dimana tempatnya, arsiteknya siapa dan apa saja yang nanti akan ditampilkan," kenang SBY.

Meski Ani bukan putri daerah Pacitan, namun ditegaskan SBY, sejak Ani menginjakkan kakinya untuk pertama kalinya di Pacitan di tahun 1964, boleh dikatakan Ani sudah jatuh cinta dengan Pacitan.

Yang kaya akan keindahan alamnya dan keramahan masyarakatnya.

"Ada kata-kata yang mengharukan saat itu dari Ibu Ani. Pepo, nanti kalau sudah sembuh kita atur bersama museum itu. Kita bangun dulu rumah yang kecil di belakang lalu bersama-sama kita tata museum dan galeri itu," kenang SBY.

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved