Tak Mampu Sediakan Dana Perlindungan TKI Rp 1,5 M, 33 Perusahaan P3MI di Jatim Ditutup

Sebanyak 33 Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang berpusat di Jatim ditutup.

Ilustrasi Tenaga Kerja 

Tak Mampu Sediakan Dana Perlindungan TKI Rp 1,5 M, 33 Perusahaan P3MI di Jatim Ditutup

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebanyak 33 Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang berpusat di Jatim ditutup.

Mereka tak bisa lagi melayani calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI karena izin operasionalnya dicabut oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Puluhan P3MI itu dibekukan bersama 126 perushaanan penempatan PMI seluruh Indonesia. Termasuk cabang-cabangnya. Di Jatim ada 7 cabang P3MI yang otomatis juga dicabut izinnya. 

Cerita di Balik TKI Korsel yang Robohkan Rumahnya di Ponorogo, Perselingkuhan Sang Istri Jadi Alasan

Salurkan 50 Ribu Masker ke 3 Negara, Perusahaan di Malang Harap TKI Terhindar dari Virus Corona

Miris! Banyak Mantan TKI di Malaysia Idap Kusta Saat Pulang ke Tulungagung, Ada yang Sampai Cacat

"Sebagaimana surat resmi kementerian, Mereka tak lagi bisa melayani calon PMI. Parusahaan P3MI ini juga wajib mengembalikan biaya calon PMI yang tidak jadi ditempatkan," kata Kepala UPT Penempatan dan Perlindungan TKI (P2TKI) Disnaker Jatim Budi Raharjo, Rabu (11/3/2020).

Ratusan P3MI yang dibekukan Kementrian Ketenagakerjaan itu lantaran tidak mampu melakukan menyesuaikan deposito perlindungan TKI atas nama menteri. Besarannya Rp 1,5 miliar. Ini syarat wajib. 

Sayang, Disnakertrans Jatim belum merinci ke-33 P3MI yang tidak boleh lagi melakukan aktivitas penempatan PMI. Termasuk cabang-cabangnya di daerah kabupaten dan kota. 

Penertiban P3MI itu dalam rangka menjamin PMI bekerja ke luar negeri. Kepala Disnakertrans Jatim Himawan Estu Bagijo merespons positif kebijakan pusat membekukan ratusan P3MI. 

Himawan meminta masyarakat calon PMI untuk mengecek legalitas P3MI. Calon P3MI diminta cerdas sebelum mendaftar menjadi pekerja migran Indonesia.

"Kami Mendorong Disnaker kabupatem dan kota hingga pemerintah desa untuk responsif membantu mengedukasi, menyebarluaskan dan mendampingi warganya yang ingin bekerja ke luar negeri," tandas Himawan. 

Disnakertrans Jatim melalui kantor LAYANAN TERPADU SATU ATAP (LTSA) tetap melayani penyelesaian dokumen atau rekom. Termasuk cetak paspor PMI sesuai surat edaran Kemenaker.

Masyarakat juga bisa Berkonsultasi ke Disnaker setempat atau mengakses http:// p3tki-jatim.go.id untuk mendapatkan info resmi atau konsultasi secara online. P3MI yang legal ada di List web resmi ini. Artinya 33 P3MI yang dibekukan tidak masuk daftar Disnakertrans.

Penulis : Nuraini Faiq

Editor : Sudarma Adi

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved