Virus Corona di Indonesia

Dampak Pandemi Virus Corona, BPJAMSOSTEK Jamin Pekerja Work From Home

BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK ikut menyikapi serius wabah virus Corona dengan memberi jaminan pekerja Work From Home

istimewa
BPJAMSOSTEK ikut menyikapi serius wabah virus Corona dengan memberi jaminan pekerja Work From Home 

TRIBUNJATIM.COM - BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK ikut menyikapi serius wabah virus Corona. Lembaga yang fokus pada keselamatan para pekerja di Indonesia menyebut, bahwa sangat mungkin pekerja tertular virus Corona atau Covid-19, baik ditempat kerja maupun saat berinteraksi dengan klien atau saat berbaur di keramaian.

Namun, BPJAMSOSTEK memastikan bahwa perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) akan mencakup para pekerja di perusahaan yang memberlakukan penyesuaian sistem kerja Work From Home (WFH) .

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama BPJAMSOSTEK Agus Susanto.

“Para pekerja peserta BPJAMSOSTEK ini harus dipastikan telah terdaftar dalam program jaminan dari BPJAMSOSTEK,” ujarnya, Rabu (18/3/2020), sebagaimana siaran tertulis ke TribunJatim.com.

Menurut Agus, pekerja mulai terlindungi dalam program JKK setelah yang bersangkutan meninggalkan rumah di sepanjang perjalanan ke kantor, selama di lingkungan kantor atau aktifitas bekerja, hingga perjalanan pulang kembali ke rumah. Namun dengan adanya skema WFH ini, perlindungan JKK tetap akan diberlakukan kepada para pekerja yang bekerja dari rumah.

"Perlindungan kepada para pekerja yang berstatus WFH ini berlaku jika pada jam kerja yang telah ditentukan untuk bekerja di rumah, terjadi sesuatu hal yang mengakibatkan cedera akibat ruda paksa dari aktifitas yang berkaitan dengan pekerjaannya selama berada di rumah dan atau ada aktifitas lain yang berkenaan dengan perintah dari atasannya," tegasnya.

"Meski bekerja dari rumah, risiko pekerjaan tetap mengintai. Pekerja harus tetap merasa aman dan tenang dalam menjalankan tugas, dimanapun berada,” imbuh Agus Susanto.

Hal ini juga berlaku bagi para karyawan BPJAMSOSTEK yang melakukan skema WFH seperti yang dilakukan sejumlah Kementerian/Lembaga dan beberapa perusahaan.

“Demi keamanan bersama, kami juga memberlakukan penyesuaian sistem kerja, seperti melakukan skema WFH bagi karyawan-karyawan kami, khususnya di wilayah terdampak. Hal ini kami lakukan semata-mata untuk meminimalisir interaksi, sesuai dengan arahan Presiden untuk melakukan social distancing,” tegasnya.

Agus menambahkan, di setiap Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan juga akan dilengkapi dengan Thermal Gun untuk mengukur suhu tubuh semua orang yang datang.

Halaman
12
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved