Virus Corona di Jatim

UPDATE CORONA di Jatim, Penambahan Positif Covid-19 Melambat, Gugus Kuratif: Terbentuk Herd Immunity

Kepala Gugus Kuratif Joni Wahyuhadi menyebut bahwa saat ini pertumbuhan dan penyebaran covid-19 di Jawa Timur mulai melambat.

TRIBUNJATIM.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Kepala Gugus Kuratif Joni Wahyuhadi 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kepala Gugus Kuratif Joni Wahyuhadi menyebut bahwa saat ini pertumbuhan dan penyebaran covid-19 di Jawa Timur mulai melambat.

Hal itu terbukti dari penambahan kasus positif covid-19 yang tidak melonjak dan bertambah dalam jumlah besar. 

“Kalau kita lihat perkembangan kasus Jatim yang tampak, penambahan yang konfirm positif maupun yang naik ke PDP dan dari PDP sekarang tidak cepat,” kata Joni, dalam jumpa pers, Selasa (31/3/2020) petang.

Dampak Corona, Perjalanan KA Anjasmoro Relasi Jombang-Pasarsenen Dibatalkan Selama April Ini

Lawan Pandemi Corona, Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Serukan Donor Darah

Sebagaimana diketahui per hari ini jumlah kasus positif covid-19 di Jatim ada sebanyak 93 kasus. Bertambah dua kasus dibandingkan hari Senin (30/3/2020). 

Sedangkan PDP hari ini bertambah menjadi 420 orang dibandingkan sehari sebelumnya ada 336 orang. 

Sedangkan untuk ODP memang ada kenaikan yang signifikan. Dimana per hari ini jumlah ODP ada 6.565. Sehari sebelumnya 5.812 orang.

“Kalau ODP naik jumlahnya, ini berita baik karena ini adalah bukti ada tracing yang bergerak. Dan sudah banyak yang dalam pemantauan. Yang kita amati PDP yang naik menjadi terkonfirmasi positif melambat, ini tanda mulai terbentuk herd immunity melawan covid-19,” kata Joni.

Jika perlambatan ini bisa terus berlangsung, maka dikatakan Joni prediksi puncak wabah corona yang dihitung akan terjadi bulan Mei bisa diperpendek.

Tak hanya itu, Joni juga menyebut bahwa saat ini pasien yang datang ke RSUD dr Soetomo juga tidak seberat kasus yang terdahulu.

“Sekarang yang datang ke RSUD dr Soetomo terbilang sedang dan ringan artiya sudah ada imunitas di masyarakat atau yang disebut dengan herd immunity,” tegas Joni.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved