Virus Corona di Pasuruan

Tugas Berat, Ini Cara Polres Pasuruan Ingatkan Anggota di Tengah Wabah Corona

Di tengah wabah Corona atau COVID-19, Polres Pasuruan terus melakukan upaya serius untuk membantu Pemerintah dalam mencegah dan memutus penyebaran vir

galih l/Surya
Anggota Polres Pasuruan Senam dan berjemur bersama 

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Di tengah wabah Corona atau COVID-19, Polres Pasuruan terus melakukan upaya serius untuk membantu Pemerintah dalam mencegah dan memutus penyebaran virus ini di Kabupaten Pasuruan.

Wakapolres Pasuruan Kompol Hendy Kurniawan menjelaskan, secara struktur dari pusat ke bawah, kepolisian menjadi salah satu institusi yang ditugaskan untuk ikut menanggulangi COVID-19 dalam suatu gugus tugas.

Nah, di tengah kesibukan kepolisian, ia selalu terus menanamkan dan mengingatkan ke jajarannya jangan sampai sudah melangkah ke luar tapi di dalam justru terpapar atau terkena virus ini.

Artinya apa, kata dia, kepolisian sosialisasi keluar ke masyarakat untuk membantu mereka memahami perkara social distancing, physical distancing, protokol kesehatan dan lainnya.

"Tapi didalam juga harus kuat agar tetap bisa memberikan pelayanan prima dan maksimal untuk masyarakat," kata Wakapolres saat dihubungi Surya, Selasa (31/3/2010) siang.

Virus Corona Mewabah, Kota Malang Alami Deflasi pada Maret 2020, Didominasi Biaya Transportasi Turun

Sepi Penumpang, Ruang Tunggu Terminal Purabaya Surabaya Terapkan Physical Distancing

Reaksi Gebby Vesta Disebut Nikita Mirzani Kelojotan Dipolisikan atas Dugaan Pencemaran Nama Baik

Ia menjelaskan, bersama Kapolres, pihaknya selalu menghimbau ke internal Polres Pasuruan untuk menerapkan pola hidup sehat, hidup bersih dan lainnya. Termasuk didalamnya, menerapkan protokol kesehatan.

Ia menyampaikan, minimal anggota tidak sampai tertular virus ini yang bisa menularkan ke orang tua, istri, suami anak, dan keluarga lainnya. "Sebelum melangkah ke luar, kami harus memahami dan wajib mengetahui upaya pencegahan virus ini," kata dia.

Dia menjelaskan, salah satu protokol yang diterapkannya adalah menyediakan tempat cuci tangan di pintu - pintu masuk ruangan polres. Selain itu, juga ada handsanitizer yang disiapkan.

Tak hanya itu, ada juga pemasangan bilik sterilisasi di pintu masuk Polres. Ada juga kipas besar yang berisikan cairan disenfiktan dan biasanya menyemprot di lorong - lorong Polres Pasuruan.

"Perlengkapan dan peralatan anggota sudah kami siapkan. Ini menjadi langkah kecil untuk mencegah pandemi virus ini untuk diri kita dan keluarga anggota," jelas dia.

Selain itu, ia mengatakan, untuk mencegah penyebaran COVID-19 di jajaran Polres Pasuruan, pihaknya mewajibkan anggota setelah apel pagi untuk berjemur. Minimal untuk membentuk imun atau kekebalan tubuh.

"Jauh sebelum ada pandemi virus ini, kami juga sudah rutin memberikan anggota vitamin dan suplemen untuk menjaga kebugaran tubuh mereka. Ada anggaran di Dokkes dan biasanya bisa digunakan untuk suplai suplemen anggota," papar dia.

Disampaikan dia, ada kegiatan binrotal setiap kamis dilaksanakan di Masjid Polres Pasuruan. Kata dia, dalam kesempatan itu, pihaknya bersama anggota memanjatkan doa bersama.

"Harapannya kami kuat dan kami diberikan keselamatan sekaligus perlindungan agar bisa menjalankan tugas sebagai polisi yang ikut menangani wabah ini dan dijauhkan dari wabah ini," pungkas dia. (lih)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved