Virus Corona di Blitar

Imbas Covid-19, 1.040 KK di Kota Blitar Menerima BLT Sebesar Rp 600 Ribu/Bulan dari Kemensos

Sebanyak 1.040 kepala keluarga (KK) terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19 di Kota Blitar menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari kemensos

Surya/samsul hadi
Suasana penyaluran BPNT di Kota Blitar, Kamis (16/4/2020). 

 TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Sebanyak 1.040 kepala keluarga (KK) terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19 di Kota Blitar menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari Kementerian Sosial sebesar Rp 600.000 per bulan. Rencananya, uang BLT itu diberikan selama tiga bulan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Blitar, Priyo Istanto mengatakan penerima BLT itu di luar penerima bantuan beras sejahtera daerah (Rastrada) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Data penerima BLT langsung dipilih Kemensos dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Blitar.

"Selain BPNT, kami juga mendapat tambahan bantuan sembako dan BLT dari Kemensos sebagai penanganan dampak pandemi virus Corona atau Covid-19 untuk masyarakat," kata Priyo Istanto, Kamis (16/4/2020).

Dikatakannya, sesuai data dari Kemensos, jumlah penerima BLT di Kota Blitar sebanyak 1.040 KK. Nilai BLT yang diberikan sebesar Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan.

Ditinggal Sebentar Pengemudi Antre BBM di SPBU Trenggalek, Mobil Kijang Mendadak Hangus Terbakar

VIRAL Balita Terbakar Hidup-hidup karena Botol Handsanitizer, Sempat Ditolak RS, Nasibnya Memilukan

Telepon Rahasia Pejabat China Bocor ke Publik, Ribuan Orang Bakal Selamat Jika Diumumkan Lebih Awal

"Kami masih menunggu petunjuk teknis penyaluran BLT ke masyarakat dari Kemensos," ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Menurutnya, sebagian warga juga mendapat bantuan sembako dari Kemensos untuk penanganan dampak pandemi Covid-19.
Jumlah penerima bantuan sembako dari Kemensos di Kota Blitar sebanyak 2.434 KK. Bantuan sembako senilai Rp 200.000 yang juga diberikan selama tiga bulan.

"Bantuan sembako ini ada yang dari Kemensos dan ada yang dari Pemkot Blitar. Nilai bantuan sembako sama Rp 200.000. Penerima bantuan sembako juga di luar penerima Rastrada dan BPNT," katanya.

Untuk penerima BPNT, kata Priyo, jumlahnya sebanyak 4.828 KK. Penyaluran BPNT ke masyarakat mulai dilakukan, Kamis (16/4/2020). Penyaluran bantuan diatur per kelompok sebanyak 20-30 orang untuk menghindari kerumunan massa.

"Penyaluran BPNT tetap menerapkan protap pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Masyarakat harus memakai masker dan menjaga jarak saat mengambil bantuan. Kami juga menyediakan tempat cuci tangan di lokasi pengambilan bantuan," katanya kepada Tribunjatim.com.

Sekadar diketahui, Pemkot Blitar juga akan memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Jumlah warga yang akan menerima bantuan sembako sebanyak 13.920 KK.

Tiap KK mendapat bantuan sembako yang nilainya Rp 200.000. Anggaran untuk program bantuan sembako berasal dari APBD
Kota Blitar, hasil penggeseran anggaran kegiatan di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD). (sha/Tribunjatim.com)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved