Breaking News:

Masyarakat Indonesia Bisa Hidup Normal dari Covid-19 Pada Juli, Doni Monardo Sebut 2 Syarat Mutlak

Benarkah masyarakat Indonesia bisa hidup normal lagi dari Covid-19 pada bulan Juli 2020 mendatang? Doni Monardo sebut 2 syarat mutlak

Editor: Januar Adi Sagita
Kolase TribunJatim.com (Sumber: Instagram @jokowi dan Tribunnews/Theresia Felisiani)
Jokowi tunjuk Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo sebagai ketua pelaksana gugus percepatan penanganan virus Corona. 

TRIBUNJATIM.COM - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo yakin masyarakat Indonesia bisa hidup normal kembali pada Juli.

Namun, hal itu tergantung dari dua syarat mutlak.

Hal itu bisa tercapai jika tes masif dan pelacakan agresif sukses dilakukan pemerintah pada April hingga Mei.

"Kemudian presiden menegaskan berulang kali tentang pentingnya upaya kita untuk melakukan tes masif pada April dan Mei. Ini dilanjutkan dengan pelacakan yang agresif serta isolasi yang ketat," kata Doni melalui konferensi video usai rapat bersama Presiden Joko Widodo, Senin (27/4/2020).

"Agar pada Juni mendatang kita mampu menurunkan kasus Covid di Indonesia sehingga pada Juli diharapkan kita sudah bisa mulai mengawali hidup normal kembali," kata dia.

Guru Besar UGM Klaim Pandemi Covid-19 Bakal Mereda Akhir Juli, Bisa Berubah Tergantung 3 Hal

Ia pun meminta seluruh masyarakat mematuhi aturan terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan larangan mudik dari pemerintah.

Dengan demikian, pemutusan mata rantai penularan Covid-19 dapat berjalan efektif.

Ia pun mengatakan aparat keamanan akan bertindak tegas sesuai aturan yang berlaku untuk menindak pelaku pelanggaran aturan PSBB dan larangan mudik tersebut.

"Presiden meminta kita semua untuk bisa bekerja lebih keras lagi dan mengajak masyarakat untuk lebih patuh, disiplin, dan aparat supaya lebih tegas agar pada Juni mendatang kita mampu menurunkan kasus Covid di Indonesia," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana itu.

Sementara itu, seorang Guru Besar UGM juga menyebut pandemi Covid-19 bakal mereda akhir Juli 2020.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved