Virus Corona di Pamekasan

33 TKI dari Malaysia Pulang Kampung ke Pamekasan, Statusnya ODR, Diminta Isolasi Mandiri 14 Hari

Sebanyak 33 TKI dari Malaysia tiba di Pamekasan. Mereka ditetapkan sebagai ODR lantaran berasal dari zona merah Corona.

TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari saat memantau para TKI saat diperiksa kesehatannya oleh para petugas Posko Covid-19 di Terminal Ronggosukowati Pamekasan, Kamis (30/4/2020) malam. 

TRIBUNMADURA.CO, PAMEKASAN - Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari, memantau langsung kedatangan 33 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia di Terminal Ronggosukowati Pamekasan, Kamis (30/4/2020).

Upaya itu dilakukan untuk mencegah penyebaran pandemi virus Corona atau Covid-19 di wilayah Hukum Polres Pamekasan.

Setiba di Terminal Ronggosukowati Pamekasan, puluhan TKI tersebut disambut hangat oleh para petugas Posko Covid-19 yang berjaga dan kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis setempat.

UPDATE PSBB Jatim Hari ke-4, Jumat 1 Mei 2020 Pelanggar Mulai Diberi Sanksi, Simak Aturan Lengkap

Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari mengatakan, 33 orang TKI tersebut tiba di Terminal Ronggosukowati sekitar pukul 22. 30 WIB.

Para TKI tersebut, kata dia saat dilakukan pemeriksaan kesehatan, kondisinya dalam keadaan sehat dan tidak ada yang sakit.

"Namun nantinya mereka tetap akan melakukan isolasi mandiri,” kata AKBP Djoko Lestari kepada TribunJatim.com, Jumat (1/5/2020).

Bocor ke Publik Rahasia China Bisa Sembuhkan 60 Ribu Lebih Pasien Covid-19, Bisa Ditiru Indonesia?

VIRAL VIDEO 2 Bule Ngamen di Pasar NTB, Istri Gendong Bayi, Lihat Nasibnya: Demi Makan, Sulit Balik

AKBP Djoko Lestari juga menjelaskan, para TKI tersebut, saat ini ditetapkan statusnya sebagai orang dalam risiko (ODR) karena baru saja datang dari zona merah.

Sehingga diwajibkan untuk melalukan isolasi mandiri selama 14 hari dan dalam pengawasan Tim Satgas Covid-19 dari Puskesmas masing-masing.

Nantinya, kata AKBP Djoko Lestari, jika ada gejala selama masa isolasi, maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran Covid-19.

UPDATE Virus Corona Surabaya & Jatim Jumat 1 Mei 2020, 438 Positif, Simak Info Wilayah Persebarannya

"Untuk Polsek Jajaran, kami sudah memerintahkan anggota untuk memantau dan mendata para pemudik baik dari luar kota maupun luar negeri yang masuk ke Kabupaten Pamekasan," ujarnya.

Tidak hanya itu, AKBP Djoko Lestari juga mengungkapkan, para pemudik sebelum pulang ke rumahnya masing-masing di tengah pandemi Covid-19 ini harus melakukan pengecekan kesehatan yang tujuannya untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Setiap wilayah juga menyiapkan tempat karantina untuk pemudik," ucapnya.

"Kalau ada gejala mengarah ke virus Corona, mereka akan dibawa ke tempat karantina. Kalau sehat diperbolehkan pulang tapi harus isolasi mandiri selama 14 hari di rumah," tutupnya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved