Virus Corona di Kediri

Hasil Rapid Tes Positif Covid-19, Warga Satu Gang di Kota Kediri Melakukan Isolasi Mandiri

Karena ada seorang warganya yang hasil rapid tesnya positif, warga satu gang di Kelurahan Rejomulyo, Kota Kediri melakukan isolasi mandiri.

(Surya/Didik Mashudi)
Warga menyiapkan kebutuhan sembako untuk warga yang melakukan isolasi mandiri di satu gang Kelurahan Rejomulyo, Kota Kediri, Rabu (6/5/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Karena ada seorang warganya yang hasil rapid tesnya positif, warga satu gang di Kelurahan Rejomulyo, Kota Kediri melakukan isolasi mandiri.

Menindaklanjuti hasil rapid tes, telah dilakukan tes swab untuk memastikan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang bekerja di pabrik rokok Kabupaten Tulungagung terpapar Covid-19.

Menurut Joko, Ketua RW 01 tempat bermukim pasien tersebut, ada 6 rumah terdiri 7 KK yang ada dalam satu gang tersebut. Rumahnya saling berhimpitan dan masih ada hubungan kerabat sehingga kemungkinan untuk tertular sangat besar.

“Karena pintu masuk gang ditutup, penghuninya tidak boleh keluar masuk, maka kami berinisiatif untuk menyediakan kebutuhannya,” kata Joko kepada TribunJatim.com, Rabu (6/5/2020).

Selanjutnya warga menggalang donasi dari warga dan juga sekolah di sekitar gang yaitu IAIN Kediri, MTsN 2 Kediri dan MAN Kediri.

Ayah Nikita Willy Meninggal Dunia, Tak Bisa Temani saat Detik-detik Terakhir, Tidak ke Rumah Duka

Sosok Saputri, Istri Pertama Mendiang Didi Kempot yang Pingsan saat di Pemakaman Sang Suami

Jadwal Buka Puasa Ramadhan 1441 H di Surabaya Rabu 6 Mei 2020, Dilengkapi Bacaan Niat Puasa Ramadhan

Sumbangan diwujudkan dalam bentuk sembako dan kebutuhan sehari-hari.

"Setiap hari kami belanjakan sesuai dengan kebutuhan mereka. Mulai dari sembako, sabun, sampai gas,” tambah Joko kepada TribunJatim.com.

Barang belanjaan tersebut diletakkan di ujung gang, dan warga yang mengisolasi diri mengambilnya.

Menurut drg Raya Mulyasari, Kepala Puskesmas Ngronggo, pasien tersebut tanpa gejala sehingga oleh tenaga medis dipulangkan ke rumah untuk melakukan isolasi mandiri sembari menuggu hasil swab.

Namun warga resah karena positif meski dari rapid tes sehingga warga berinisiatif untuk menutup satu gang di depan rumahnya.
Inisiatif warga untuk berdonasi dan gotong royong ini karena bantuan dari Pemkot Kediri masih belum ada. Sebetulnya yang wajib mengisolasi hanya pasien, tapi karena kekhawatiran warga, satu gang diisolasi dengan konsekuensi mereka memberi sembako dengan cara berdonasi.

“Kita tunggu hasil swab. Bila positif baru dilakukan tracing kontak erat dan isolasi mandiri akan diperluas. Pemkot yang akan memberi bantuan sembako selama isolasi,” tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, 12 orang warga Kota Kediri yang bekerja di sebuah pabrik rokok di Tulungagung hasil rapid tes positif. Beberapa warga sempat dilakukan isolasi di Rusunawa IAIN Tulungagung.(dim/Tribunjatim.com)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved