Banjir Bandang di Paciran Lamongan

Pasca Banjir Bandang di Paciran Lamongan, Warga Mulai Bersih - Bersih

Banjir bandang akibat hujan deras bersamaan air laut pasang yang melanda masyarakat Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan,Jatim

surya/Hanif Manshuri
Masyarakat gotong royong membersihkan endapan lumpur di masjid dan lembaga pendidikan. Termasuk rumah warga sendiri yang kebanjiran, Rabu (27/5/2020) 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Banjir bandang akibat hujan deras bersamaan air laut pasang yang melanda
masyarakat Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur Selasa (26/5/2020) dini hari kini sudah surut.

Warga korban banjir di Bongris, Kebonsari, Niaga 1 - 3, Semangu, Taruna, Kauman, Grenjeng dan Gowah Kelurahan Blimbing Kecamatan Paciran mulai membersihkan kotoran endapan lumpur yang masuk ke rumah warga.

Tak hanya rumah warga yang mulai dibersihkan, sejumlah musala, masjid dan lembaga pendidikan juga dibersihkan warga secara gotong royong. Tak hanya kaum Adam, ibu - ibu juga turut membersihkan tempat ibadah.

"Ada ratusan rumah, sejumlah tempat ibadah dan gedung sekolah turut tenggelam dan dibersihkan, " kata Dewan Pembina Himpunan Nelayan Tradisional Indonesia (HNTI) Cabang Lamongan, Muchlisin Amar kepada Surya.co.id, Rabu (27/5/2020).

Endapan lumpur merah kecoklatan cukup meluas, lantaran saat terjadi banjir bandang, air hujan juga membawa tanah merah dari dataran tinggi. Ditambah air laut pasang yang juga mengusung sampah.

BREAKING NEWS - Banjir Bandang Hantam Warga Nelayan Blimbing Paciran Lamongan

Hubungan Makin Panas, Amerika Harus Waspada Hadapi China, Tersimpan Senjata Pamungkas Tak Main-main

Demi Konten, Billy Syahputra Prank Mau Jual Rumah Olga Syahputra, Ayahnya Marah: Seenaknya Aje Lu!

Kotaran sampah tidak sampai masuk ke rumah warga, kebanyakan teronggok di sejumlah sudut dan terhalang di gang - gang kecil.

Pembersihan rumah warga cukup lancar, karena pasokan air kran masih bisa dinikmati warga. Sebagian warga jugq memanfaatkan air sumur yang mereka miliki.

"Pakai air sumur, sekalian menguras sumur yang tercemar kotoran air bah, " kata Sukahar, warga Blimbing.

Selain bersih - bersih lantai rumah, tak sedikit perabot rumah tangga dan peralatan rumah yang tenggelam dan harus dibersihkan.
"Ada lemari, dan perabot dapur yang turut tenggelam, " katanya.

Tinggi banjir rata - rata satu meter dengan warna yang begitu keruh, menyebabkan dinding rumah juga kotor. Warga korban banjir masih memprioritaskan bersih - bersih rumah pribadi mereka. Sementara genangan lumpur di jalan dan lorong - lorong kecil hanya sebagian yang terjamah.

Halaman
12
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved