Breaking News:

Virus Corona di Probolinggo

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Nelayan, Kru Kapal di Probolinggo Ikut Rapid Test Gratis

Pelindo III, bersama KSOP kelas 4 Probolinggo dan Pemerintah Kota Probolinggo, Jawa Timur menggelar rapid test ke-50 ribu nelayan dan kru kapal

(Surya/Galih Lintartika)
Pelindo 3, bersama KSOP kelas 4 Probolinggo dan Pemerintah Kota Probolinggo menggelar rapid tes ke 50 ribu nelayan dan kru kapal se-Jawa Timur, 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Pelindo III, bersama KSOP kelas 4 Probolinggo dan Pemerintah Kota Probolinggo, Jawa Timur menggelar rapid test ke-50 ribu nelayan dan kru kapal se-Jawa Timur, Minggu (7/6/2020).

Rapid test massal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang bisa berpotensi memunculkan klaster baru.

Rapid test gratis massal digelar di kantor Pelindo 3 di PelabuhanTanjung Tembaga Kota Probolinggo. Untuk di Kota Probolinggo, rapid tes diberi jatah 3000 pcs.

Adji Joko Wibowo, General Manager Pelindo III menjelaskan, ini adalah program BUMN peduli dengan menggelar 50 rapid tes di beberapa pelabuhan di Jawa Timur.

"Ini program gratis untuk kru kapal, pegawai yang bertugas di pelabuhan, kepolisian setempat, nelayan beserta keluarganya, untuk menekan penyebaran dan angka pasien Covid- 19 di Jatim," katanya kepada TribunJatim.com.

Terpisah, Subuh Fakhurohman, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 4 Probolinggo menambahkan, saat ini aktifitas bongkar muat barang Pelabuhan Tanjung Tembaga, semakin hari semakin meningkat.

Dompet Pria Surabaya Isi Rp 3 Juta Hilang Saat Cuci Tangan Anak, Korban Tunggu Itikad Baik

Kondisi Beda Rumah Viral Eko Purnomo yang Dulu Dikepung, Kini Ada Tulisan di Gang, Berminat Beli?

Polda Jatim Gencarkan Patroli Aman Nusa II, Pengunjung Warkop Bersuhu Tinggi Rapid Test On The Spot

"Dengan kemajuan perindustrian di wilayah Tapal Kuda, menambah peningkatan aktifitas bongkar muat di 3 pelabuhan di Kota Probolinggo, dan rawan menjadi titik penyebaran Covid- 19," jelasnya kepada TribunJatim.com.

Maka dari itu, sebagai langkah pencegahan, pihaknya melakukan tes ini. Ia berharap, semoga program rapid tes gratis, bisa menekan penyebaran Covid-19 khususnya di Probolinggo dan Jawa Timur.

"Hasil rapid tes massal ini, untuk yang hasilnya reaktif, akan langsung kami lakukan tes swab, dan melanjutkan ke perawatan medis untuk yang positif Covid-19 nantinya," sambung dia.

Menurut dia, sejak ada 3 pelabuhan, yakni PPI (Pelabuhan Perikanan Indonesia) jawa timur, Pelabuhan Tanjung Tembaga, dan Pelabuhan dan Terminal Pelabuhan Probolinggo, aktivitas di sini meningkat.

"Ada yang untuk bongkar muat barang, sembako, Migas dan Batu Bara. Padatnya aktifitas kru kapal dan nelayan dari berbagai daerah keluar masuk, rentan menjadi penularan virus Corona atau Covid-19," tutup dia. (lih/Tribunjatim.com)

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved