Gagas Pertanian Durian 250 Hektare, Wonosalam Diharapkan Bisa Lebihi Wisata Batu

Agropolis menggagas pertanian durian seluas 250 hektare untuk menopang kawasan wisata Wonosalam di Kabupaten Jombang.

DOK AGROPOLIS
Rully Anwar menemani rombongan anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR-RI) Ema Ummiyatul Chusnah. 

TRIBUNJATIM.COM -  Pertanian durian diharapkan dapat menopang kawasan wisata Wonosalam Jombang dalam lima tahun ke depan, 2025.

Dalam siaran pers-nya, Rully Anwar, Direktur PT Agropolis Berkah Nusantara, mengatakan kawasan Wonosalam punya potensi besar dalam pertanian durian

"Dan kebun agrowisata Agropolis akan programkan hulu dan hilir dari pertanian durian unggul hingga 250 hektare dengan basis kemitraan bersama masyarakat dan petani durian Wonosalam," papar Direktur Utama PT Agropolis Berkah Nusantara Rully Anwar, Jumat, (12/6/2020).

Selama ini, kawasan Wonosalam di pegunungan Anjasmoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, telah demikian tenar dengan event nasional yang diikuti puluhan ribu pengunjung yaitu Festival Kenduren Durian.

"Keyakinan kami bersama para mitra petani durian dan pelaku usaha wisata Wonosalam, ketika potensi durian unggul Wonosalam bisa dimaksimalkan dalam luasan yang cukup signifikan, yaitu minimal 250 hektare, maka pariwisata Wonosalam akan ada lompatan besar dan menjadi lebih maju dari kota Batu bagi Malang Raya atau pun Bogor bagi Jakarta," kata Rully Anwar.

Peran serta dan dukungan berbagai pihak sangat penting untuk mewujudkan luasan hingga 250 ha pertanian durian unggul tersebut.

Sekarang ini Agropolis telah mulai dengan luasan kebun agrowisata 3,7 ha di dusun/ desa/ kecamatan Wonosalam.

"Kebun Agropolis tidak akan sendirian, mewujudkan program hulu dan hilir pertanian durian unggul ini karena harus punya pondasi kemitraan dengan masyarakat.

Kami mengusung konsep berkebun berjamaah, di mana kebun-kebun Agropolis juga bisa dimiliki oleh publik dan dikelola secara transparan oleh manajemen Agropolis dengan skema bagi hasil yang menarik," jelas Rully Anwar.

Dari skema bagi hasil tersebut, juga dialokasi pula untuk pemberdayaan bersama masyarakat dan petani durian unggul.

Halaman
12
Editor: Adi Sasono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved