Ingin Perempuan Jadi Subjek Pembangunan, Gus Yani Minat Gandeng Aktivis Muslimat Ning Min

Ketua DPRD Gresik, Fandi Akhmad Yani atau akrab disapa Gus Yani yang digadang-gadang maju sebagai Cabup mulai serius

Ingin Perempuan Jadi Subjek Pembangunan, Gus Yani Minat Gandeng Aktivis Muslimat Ning Min
Istimewa
Ketua DPRD Gresik, Fandi Akhmad Yani atau akrab disapa Gus Yani yang digadang-gadang maju sebagai Cabup mulai serius

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK -Perhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gresik yang tinggal 7 bulan mulai ada dinamika.

Ketua DPRD Gresik, Fandi Akhmad Yani atau akrab disapa Gus Yani yang digadang-gadang maju sebagai Cabup mulai serius.

Politisi dan pengusaha itu, sangat serius menggandeng Aminatun Habibah (Ning Min) sebagai pasangannya atau Cawabup Gresik.

Juru Bicara Gus Yani, Sururi mengatakan, keinginan Gus Yani maju di Pilkada Gresik bukan keinginan pribadi. Tetapi, perintah dari ulama serta tokoh masyarakat agar ada perubahan di gresik.

"Gus Yani maju di pilkada bukan keinginannya dia sendiri. Tapi merupakan perintah dari kiai sepuh, ulama serta tokoh masyarakat yang menginginkan adanya perubahan di Gresik," katanya, Minggu (21/06/2020).

Masih menurut Sururi, setelah nama Gus Yani muncul, sejumlah partai politik (parpol) sebagai partai pengusung maupun pendukung bersemangat lagi mendorongnya tampil di Pilkada Gresik.

Hal itu dibuktikan banyaknya pamflet gambar Gus Yani yang berdamping dengan ketua parpol dan tersebar hampir di sejumlah desa.

"Pemikiran ulama serta tokoh masyarakat sama dengan pemimpin parpol yang mengusung maupun yang mendukung. Semula ada anggapan Pilkada Gresik ini selesai. Itu anggapan yang keliru karena ada harapan perubahan buat pemimpin mendatang," paparnya.

Saat ditanya figur Ning Min yang bakal digandeng sebagai Cawabup Gresik.

Dijelaskan Sururi, keduanya memiliki pemikiran yang sama.

Sebab, Ning Min yang merupakan keluarga besar Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah, Gresik juga notabene aktivis perempuan dan anak serta aktif sebagai pengurus Muslimat NU, dan sebagai akademisi.

"Dipilihnya figur Ning Min sebagai Cawabup karena selama ini perempuan hanya dijadikan obyek bukan sebagai subyek dalam perhelatan politik di Gresik," ungkapnya.

Selain itu kata Sururi, digandengnya Ning Min juga sebagai wujud emansipasi perempuan karena dinamika politik belakangan ini menunjukkan perempuan juga mampu dan layak menjadi pelayan bagi masyarakat di pemerintahan daerah.

Hal itulah yang menjadikan pertimbangan Gus Yani memilih pasangannya dari figur perempuan.

"Dengan digandengnya Ning Min sebagai Cawabup Gresik di pilkada agar dinamika sosial budaya di Gresik bisa berjalan seimbang. Karena ada kolaborasi antara laki-laki dan perempuan dalam dunia pemerintahan nantinya," pungkasnya.

Editor: Januar AS
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved