Sepak Bola saat Wabah Virus Corona

PSSI Terbitkkan 11 Buku Panduan Protokol Kesehatan Covid-19, Atur Pertandingan hingga Zona Stadion

Kompetisi sepak bola dipastikan akan kembali bergulir pada September atau Oktober mendatang. PSSI mengeluarkan buku panduan protokol Covid-19

TRIBUNJATIM.COM/SUGIHARTO
Pemain Madura United, Greg Nwokolo, berebut bola dengan pemain Persiraja Banda Aceh pada laga Madura United vs Persiraja Banda Aceh di pekan kedua Liga 1 2020 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan, Senin (9/3/2020) malam WIB. 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Kompetisi sepak bola Liga 1 2020 dipastikan akan kembali bergulir pada September atau Oktober mendatang.

Namun dengan catatan, dalam gelaran liga mendatang harus menjalankan protokol kesehatan untuk pencegahan Corona secara ketat.

Bahkan, demi memutus rantai penyebaran Corona di stadion, PSSI telah menyusun 11 buku panduan protokol kesehatan agar diterapkan dan dipatuhi selama kompetisi bergulir.

PSHW Harapkan PSSI Selesaikan Urusan dengan Gugus Tugas Covid-19 Lebih Dulu Sebelum Memulai Liga

"Kami sudah membuat sebelas buku panduan protokol kesehatan terkait pelaksanaan kompetisi di masa Covid-19. Komunikasi dengan klub dan Asprov juga terus kami lakukan," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dilansir dari laman PSSI, Selasa (23/6/2020).

Sebelumnya, PSSI telah mengedarkan surat pada masing-masing klub terkait beberapa arahan dan panduan mengenai protokol kesehatan yang harus dilakukan selama sebelum dan sesudah pertandingan.

Poin-poin yang disampaikan salam surat tersebut diantaranya, setiap klub harus melakukan pemeriksaan rapid test Covid-19 satu kali setiap minggunya pada pemain dan bagian tim, wajib menggunakan masker, cek suhu badan setiap hari pada pemain dan official tim.

Soekarno Gagal Kabur Saat Soeharto Berkuasa, Pengawal Sebut karena 1 Hal hingga Pesan untuk Megawati

Reaksi Muzdalifah Foto Mesra bareng Suami Diprotes Tua, Cuek Komentar Pedas? Lihat Penampilannya

Sebelum pertandingan, H-3 sebelum berlaga klub harus melakukan cek kesehatan pemain dan official, sehari sebelum pertandingan pemain dan official kembali melakukan rapid test, klub harus menyerahkan hasil tes ke panpel dan hanya pemain yang negatif Corona yang diperbolehkan bermain.

Pemain diimbau tidak berjabat tangan dan berpelukan saat bertanding.

Tidak boleh meludah sembarangan, harus menutup hidung dan mulut saat batuk dan bersin. Selain itu juga dilarang minum bergantian botol dengan pemain lainnya.

Kompetisi Liga 1 2020 Berlanjut, Direktur Madura United Legawa Soal Keputusan PSSI: Saya Menghormati

Sementara itu dalam stadion dibagi tiga zona, masing-masing Zona Satu (area lapangan tengah) untuk pemain, wasit, anak gawang, staf medis, staf pelatih dan manajemen dengan batas maksimal 82 orang,

Halaman
12
Penulis: Dya Ayu
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved