Virus Corona di Gresik

Dukung Geliat UMKM di Masa Transisi New Normal, Barata Indonesia Luncurkan Program Kemitraan

PT Barata Indonesia (Persero) gulirkan Program Kemitraan (PK). Dukung sektor UMKM kembali menggeliat di masa transisi new normal Covid-19.

SURYA/WILLY ABRAHAM
PT Barata Indonesia (Persero) membagikan bantuan kepada warga disekitar perusahaan, Jumat (26/6/2020). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - PT Barata Indonesia (Persero) menggulirkan program Kemitraan (PK) untuk memberdayakan masyarakat di sekitar wilayah perusahaan di tengah pandemi virus Corona ( Covid-19 ).

Program kemitraan melalui unit PKBL yang telah bergulir sejak 2011.

Program PKBL atau b CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk ikut mengemban misi pemerintah sesuai dengan yang diamanatkan dalam undang-undang, yakni untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

Hendak Tidurkan Anaknya, Ibu Ini Malah Ketiduran, Paman Syok Lihat Ada yang Mengambang di Kolam Ikan

Ucapan Ibu Mertua Bongkar Sikap Zaskia Gotik, 1 Pesan Sebelum Pisah Balik ke Jakarta: Jangan Marah

Ketua Tim PKBL Barata Indonesia , Adelia Yudhia, menjelaskan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki kontribusi sebesar 60,3% dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

"Untuk menjaga keberlangsungan hal ini, Barata Indonesia akan terus mendukung sektor UMKM melalui program kemitraan, agar peran UMKM kembali mengeliat terutama di masa transisi new normal saat ini," ujarnya, Jumat (26/6/2020).

Pada tahun 2020 perusahaan menyalurkan Rp 100 juta kepada sepuluh calon mitra binaan dalam bentuk pinjaman lunak untuk masyarakat pelaku usaha jenis home industry dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di wilayah perusahaan agar lebih berkembang dan produktif.

Seluruh Pegawai Kantor Kecamatan Jambangan Dirumahkan, Pemkot: Beberapa Ada yang Reaktif Covid-19

Sambut HUT Bhayangkara ke-74, Polres Situbondo Bagikan Ratusan Paket Sembako

Selain pinjaman pengembangan usaha dengan bunga 3% per tahun, Barata Indonesia juga melakukan pendampingan dan pembinaan pada UMKM.

Diantaranya melalui pelatihan pemasaran online untuk meningkatkan kualitas produk UMKM agar dapat bersaing di pasaran.

“Sebagai perusahaan BUMN, Barata Indonesia turut berkewajiban melaksanakan amanat Peraturan Menteri BUMN No. Per 05 / MBU/ 2007, mendorong pelaku UMKM di Indonesia untuk terus eksis apalagi di situasi seperti sekarang menangkap peluang dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat di dalam negeri.” tuturnya.

Salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap mitra binaan ditengah kondisi pandemi ini adalah sinergitas dalam pemenuhan kebutuhan APD bagi tenaga medis di sejumlah faskes di sekitar perusahaan seperti Puskesmas Gending dan masker bagi masyarakat di sekitar kantor pusat dan cabang perusahaan.

Halaman
12
Penulis: Willy Abraham
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved