Hubungkan Sidoarjo-Gresik, Tol KLBM Seksi I-III Ditargetkan Rampung September 2020

Pembangunan jalan tol Sidoarjo-Gresik yaitu Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) seksi I sampai III ditargetkan rampung pada September.

TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA
Kepala Dinas PU Bina Marga Jawa Timur, Gatot Sulistyo Hadi, Jumat (26/6/2020). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pembangunan jalan tol yang menghubungkan Sidoarjo dengan Gresik yaitu Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) seksi I sampai III ditargetkan rampung pada bulan September 2020.

Kepala Dinas PU Bina Marga Jawa Timur, Gatot Sulistyo Hadi, mengatakan, jalan tol sepanjang 29 Km (Krian-Bunder) tersebut sebenarnya ditargetkan selesai pada bulan Juli 2020, namun karena dampak pandemi virus Corona ( Covid-19 ), terpaksa harus mundur hingga bulan September.

"Berikutnya yang Bunder-Manyar (seksi IV) masih dalam tahap pengukuran, masih diinventarisir kebutuhan tanahnya tapi jadi tidaknya masih tanda tanya, tapi kemungkinan jadi," kata Gatot Sulistyo Hadi, Jumat (26/6/2020).

Jalan tol ini, lanjut Gatot Sulistyo Hadi, sebenarnya juga bersinggungan dengan Tol Surabaya-Mojokerto namun untuk IC (interchange) dari KLBM ke Tol Sumo belum tersedia.

"Sementara masih melalui saja belum ada yang crossing dari KLBM menuju Sumo. Itu (IC) juga akan dibangun tapi selesainya tahun 2021. Sementara ini masih lurus saja," lanjutnya.

Pipa Air Bocor, Jalan Raya Kedamean Gresik Rusak, BBPJN VIII Surati PDAM Tapi Belum Juga Diperbaiki

Jumlah Kasus Covid-19 Jawa Timur Menyalip Jakarta, Gubernur Khofifah: Angka Kesembuhan Juga Tinggi

Untuk operasional jalan tol sendiri, Gatot Sulistyo Hadi mengatakan masih menunggu peresmian dari Presiden RI Joko Widodo.

Namun biasanya peresmian tersebut tidak lama setelah pembangunan selesai.

"Karena jalan tol ini juga dibutuhkan masyarakat, apalagi menunjang Jalan Cerme yang saat ini sedang diperbaiki," lanjutnya.

Di Pasar Rogojampi, Jokowi Minta Konsep Pelayanan Publik Banyuwangi Direplikasi ke Seluruh Indonesia

UPDATE CORONA di Tulungagung Jumat 26 Juni, Rekor Kesembuhan Tertinggi, 43 Pasien Covid-19 Sembuh

Gatot Sulistyo Hadi melanjutkan, jika nantinya pembangunan seksi IV Bunder-Manyar dilanjutkan, ruas tol ini akan menjadi cikal bakal yang akan diteruskan ke Tuban (Tuban-Manyar).

"Nanti juga akan ketemu dari Ngawi, Bojonegoro, Tuban. Ada juga yang mengusulkan Tuban-Lamongan-Bunder atau Manyar," ucapnya.

Editor: Dwi Prastika

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved