Bacabup Sidoarjo Achmad Amir Aslichin Dorong Pemerintah Maksimalkan Layanan Online

Bacabup Sidoarjo Achmad Amir Aslichin Dorong Pemerintah Memaksimalkan Layanan Online di masa transisi new normal.

TRIBUNJATIM.COM/M TAUFIK
Bakal Calon Bupati Sidoarjo, Achmad Amir Aslichin, Juni 2020. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, M Taufik

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Transformasi digital diharapkan bisa lebik maksimal dilakukan pemerintah untuk kepentingan pelayanan masyarakat umum, khususnya di Sidoarjo.

Sejumlah dinas atau organisasi perangkat daerah ( OPD ) harus bisa bertransformasi secara cepat agar layanan menjadi lebih mudah.

Menurut Bakal Calon Bupati (bacabup) Sidoarjo, Achmad Amir Aslichin, memanfaatkan layanan online jadi satu di antara cara yang tepat saat ini, yakni di masa transisi new normal.

"Layanan tanpa harus tatap muka secara langsung harus lebih maksimal. Kemajuan teknologi sistem infomasi dan telekomunikasi sudah sangat mendukung," kata lulusan The University of Melbourne, Australia itu, Senin (29/6/2020).

Politisi PKB ini mendorong pemerintah agar terus meningkatkan layanan online. Inovasi masing-masing OPD harus digenjot agar layanan ke masyarakat menjadi lebih cepat.

"Seperti layanan video call, harus bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan. Terutama di saat masa transisi new normal yang harus tetap ikut aturan jaga jarak," ujar pria yang akrab disaba Mas Iin tersebut.

Pria Sidoarjo Ngaku-ngaku BIN Tipu Warga Kediri, Niat Bikin 8 Lencana Palsu, Kuras Rp 90 Juta Lebih

Tak Hanya Covid-19, Warga Sidoarjo Juga Harus Waspada Demam Berdarah, Sudah 103 Orang Kena DBD

Dia mencontohkan, OPD yang intens bersinggungan dengan layanan masyarakat secara langsung seperti Dinas Penanaman Modal dan Pelayananan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dispendukcapil ), dan sejumlah instansi lain.

Meski sudah ada inovasi untuk layanan online di DPMPTSP, tapi juga harus ada pembenahan agar peningkatan layanan secara cepat bisa dilakukan. Semakin mudah dan cepat agar investasi semakin meningkat.

Dia mengatakan, layanan di Dispendukcapil juga harus dievaluasi.

"Layanan yang banyak dimanfaatkan masyarakat itu juga harus berinovasi dengan teknologi. Sehingga antrean tidak berjubel yang membuat orang tidak nyaman," sebutnya.

Kawasan Lumpur Lapindo Sidoarjo Belum Layak Jadi Tempat Wisata, BHS: Statusnya Bencana Nasional

Puluhan Santri Mulai Berdatangan ke Ponpes Bumi Shalawat Sidoarjo, Harus Lalui Screening Tiga Lapis

Di RSUD, imbuh Mas Iin, antrean untuk periksa di masing-masing poli sudah bisa diakses lewat online.

Beberapa inovasi yang lain juga harus dilakukan agar layanan kesehatan semakin prima.

Dia berharap, layanan secara online juga bisa menyentuh di tingkat kecamatan dan kelurahan/desa. Sehingga tingkat kemudahan bisa dirasakan menyeluruh oleh masyarakat.

Editor: Dwi Prastika

Penulis: M Taufik
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved