Persingkat Birokrasi Pelayanan Korban Laka Lantas, Polda Jatim Luncurkan TACS, Ini Manfaatnya

Ditlantas Polda Jatim telah meresmikan aplikasi berbasis website bernama Traffic Accident Claim System di Gedung Mahameru Mapolda Jatim.

Dok Humas Polda Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran, Pangdam V/Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iryansyah, dan Direktur Ditlantas Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Dermawan saat launching TACS di Gedung Mahameru Mapolda Jatim. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ditlantas Polda Jatim telah meresmikan aplikasi berbasis website bernama Traffic Accident Claim System (TACS) di Gedung Mahameru Mapolda Jatim, Selasa (30/6/2020).

Melalui website tersebut, sejumlah tahapan prosedural dalam mengurus klaim perawatan kesehatan di rumah sakit bagi korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas) dapat dipersingkat aksesnya.

Tak lagi harus menunggu berkas Laporan Polisi (LP) atau Laporan Kejadian Laka Lantas (LKLL) dari petugas polisi yang menangani tempat kejadian perkara (TKP) laka lantas, untuk mencairkan klaim asuransi dari pihak Jasa Raharja atau BPJS.

Selama Pandemi Covid-19, Polisi Kediri Panen Tersangka, Ada 26 Pelaku Pencurian Hingga Narkoba

Pengusaha Alat Pesta di Trenggalek Simulasi Hajatan Pernikahan, Tak Ada Foto Bersama, 1 Desa 1 Acara

Pihak Korban laka lantas cukup mengakses www.tacslantas.id, lalu mengetik sejumlah data; pasien korban laka, yang diminta pada kolom yang tertera dalam tampilan situs.

Mulai dari kolom bertuliskan, nomor induk kependudukan (NIK), nama, jenis kelamin, alamat, TKP laka, tanggal laka, tempat dirawat, tanggal pengajuan.

Setelah itu, klaim pembayaran biaya perawatan rumah sakit dari Jasa Raharja akan diajukan secara otomatis, sehingga pasien korban laka lantas bisa memperoleh penanganan medis secepatnya.

"Kalau kita lakukan secara tepat, maka bisa menekan angka fatalitas lalu lintas," ujar Direktur Ditlantas Polda Jatim Kombes Pol Budi Indra Dermawan, Selasa (30/6/2020).

10 Provinsi di Indonesia dengan Kasus Covid-19 Tertinggi dan Terendah, Jawa Timur Terbanyak

Kasus Covid-19 di Perumahan Mewah Surabaya Tinggi, Risma Beber Indikasi Hasil Tracing: Luar Negeri

Budi menerangkan, serangkaian prosedur pembuatan klaim biaya korban laka lantas ke Jasa Raharja yang terbilang berbelit karena melewati sejumlah tahapan birokrasi antar institusi, tidak akan terjadi lagi.

Pasalnya, pihaknya dalam hal ini, polres dan polresta se-Jatim telah membuat MoU dengan sejumlah rumah sakit (RS) di Jatim.

Halaman
123
Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Taufiqur Rohman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved